Penerapan program merdeka belajar membuat Perguruan Tinggi (PT) sebagai instansi penyelenggara memiliki tanggung jawab yang penting untuk menghasilkan lulusan yang kompeten berdasarkan tuntutan kompetensi abad 21. Kreativitas adalah salah satu dari empat kompetensi abad 21 yang harus dimiliki oleh lulusan perguruan tinggi. Maka dari itu, perkuliahan Matematika Terapan harus dapat mengukur potensi kreativitas yang dimiliki mahasiswa. Perancangan instrumen untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa perlu dilakukan demi menghasilkan output yang berkualitas. Tes kemampuan berpikir kreatif (TKBK) pada mata kuliah matematika terapan telah dirancang serta divalidasi oleh para ahli dibidangnya dengan hasil sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kreatif. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dari 4 butir soal yang diukur, 1 soal memiliki validitas yang sangat tinggi, 2 soal memiliki validitas yang tinggi, sedangkan 1 soal memiliki validitas yang sedang. Hasil uji reliabilitas menjukkan instrumen TKBM memiliki koefisien reliabilitas yang tinggi. Begitu pula dengan Daya Pembeda (DP), 2 butir soal memiliki DP yang sangat baik dan 2 soal memiliki DP yang baik. Sedangkan Tingkat kesukaran (TK) instrumen ini berada pada kategori sedang. Dengan demikian soal instrumen TKBK ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif pada mata kuliah matematika terapan.
Copyrights © 2022