Counselia: Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam

LAYANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENANGANAN KASUS BULLYING di SMP NEGERI 4 SINDANG (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Sindang Indramayu)

kurnaengsih (Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra)
Della Oviany (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2021

Abstract

Layanan guru bimbingan dan konseling merupakan upaya preventif agar siswa tidak berada di jalan yang salah, siswa-siswi yang mempunyai masalah tidak bisa mengentaskan masalahnya sendiri, mereka membutuhkan sosok yang dapat membantu dalam pengentasan masalahnya, terutama kasus bullying. Maraknya kasus bullying yang terjadi dikalangan siswa termasuk di SMP Negeri 4 Sindang. Salah satu identifikasi faktor kasus tersebut adalah keberagaman latarbelakang siswa yang satu dengan lainnya, idealnya semua siswa harus menghargai perbedaan tersebut supaya terciptanya proses belajar yang kondusif dan nyaman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan study kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, layanan guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 4 Sindang yaitu menggunakan layanan responsif. Layanan yang diberikan segera dan bersifat kuratif, layanan responsif yang diterapkan seperti layanan konseling kelompok, konsultasi, home visit, alih tangan kasus. Adapun layanan guru bimbingan dan konseling dalam penanganan kasus bullying menggunakan konseling individu atau konseling kelompok yang dilakukan dengan lima tahap yaitu wawancara terhadap korban bullying pelaku bullying maupun saksi mata, analisis kasus, pemberian layanan, tindak lanjut, pemantauan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cs

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Aim and Scope Counselia, Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam is articles on practice, theory, and research in Islamic educational guidance and ...