Jurnal Kajian Islam Modern
Vol 7 No 02 (2021): Desember 2021

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Terna Lingkungan di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Tunggilis Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016

IM (Guru Kelas I SD Negeri Tunggilis Cileungsi Kabupaten Bogor)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2023

Abstract

Melihat kondisi  rendahnya prestasi  atau hasil belajar siswa SD Negeri Tunggilis Cileungsi  Kabupaten Bogor maka beberapa upaya dilakukan melalui  metode demonstrasi. Melalui  metode demonstrasi dan  pemberian  pekerjaan  rumah  diharapkan  siswa  dapat meningkatkan aktivitas belajarnya, sehingga terjadi pengulangan dan penguatan  terhadap  materi   pembelajaran.   Penelitian   ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran.  Setiap  putaran terdiri  dari  empat tahap,  yaitu  :     rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi.  Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas I     SON Tunggilis Kecamatan Cileungsi  Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2015/2016.  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif,  lembar observasi  kegiatan belajar mengajar.  Dari  hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar belajar siswa mengalami peningkatan dari  siklus  I      sampai  siklus  II,  yaitu  siklus  I     (73,33%), siklus II  (88,89%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh positifp terhadap hasil belajar siswa kelas I    SON Tunggilis dan model pembelajaran ini  dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pada pembelajaran tema lingkungan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JKIM

Publisher

Subject

Religion Chemistry Economics, Econometrics & Finance Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Islam Modern adalah jurnal setengah tahunan yang diterbitkan pada bulan Maret dan Agustus untuk mengembangkan kajian Islam, baik dari bidang ekonomi, pendidikan, dan komunikasi Islam, serta selalu mengikuti dinamika ilmu dan menyebarkan benih-benih pengetahuan, pendidikan, inovasi, ...