Jurnal Basicedu
Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar

Yuliani Sepe Wangge (Universitas Flores)
Nining Sariyyah (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar tarian Gawi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui tes dan observasi. Data dianalisis melalui deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian setelah diterapkan model kooperatif tipe STAD berbantuan media Gambar Tarian Gawi menunjukkan bahwa motivasi belajar mengalami peningkatan. Pada siklus I dengan kriteria baik dan baik sekali sebesar 56% meningkat menjadi 92%  pada siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai peserta didik kelas V pada siklus I sebesar 69,8 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 52%. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh peserta didik meningkat menjadi 84, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar tarian gawi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V di SDI Ende 14 pada tema lingkungan sahabat kita.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...