Penelitian ini bermaksud mengkaji kesukaran yang dihadapi murid ketika memecahkan soal terkait statistika. Penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah murid SDIT MTA Matesih dengan sampel sebanyak 24 murid. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dalam bentuk hasil kerja murid mengacu pada perangkat soal terkait statistika dengan parameter kompetensi: 1) Penentuan median dari data ganjil; 2) Penentuan nilai median dari data genap; 3) Penentuan nilai rata-rata dari suatu data; 4) Penentuan nilai sering muncul (modus) dari suatu data;dan 5) Pengkajian data. Hasil studi dan pembahasan menunjukkan bahwa besaran tingkat ketidaktepatan murid berada pada level tinggi yang terkait penentuan nilai rata-rata sebesar 76% serta tingkat ketidaktepatan murid dalam penganalisisan data sebesar 81%. Hal yang menyebabkan masalah tersebut ialah tingkat pemahaman murid yang rendah terkait dasar statistika, pengutaraan masalah dalam bentuk permodelan matematika serta dalam pengambilan kesimpulan.
Copyrights © 2022