Jurnal Basicedu
Vol 6, No 3 (2022): June Pages 3200-5500

Mengembangkan Keterampilan Membaca dan Menulis Melalui Berbagai Metode dan Media Pembelajaran yang Bervariasi

Try Indah Wijayanti (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ratnasari Dyah Utami (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Keterampilan membaca dan menulis sangat penting bagi siswa sekolah dasar terutama kelas rendah. Tujuan penelitian ini yakni untuk (1) Mendeskripsikan permasalahan siswa dalam membaca dan menulis, (2) Mendeskripsikan upaya mengembangkan keterampilan membaca dan menulis pada siswa kelas rendah, (3) Mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan keterampilan membaca dan menulis pada siswa kelas rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan diskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas rendah, guru, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa masih ada beberapa siswa kelas rendah yang mengalami permasalahan dalam membaca dan menulis diantaranya pengejaan, huruf paten, membedakan huruf, kurang dalam penulisan huruf, kerapian menulis, dan membaca pemahaman. Upaya dalam mengembangkan keterampilan membaca dan menulis guru menggunakan beberapa cara untuk mengembangkan keterampilan membaca menulis diantaranya yaitu dengan menggunakan metode membaca eja, menggunakan metode SAS, menggunakan berbagai macam media pembelajaran, memberikan jam tambahan, bekerja sama dengan orang tua, serta memberikan reward. Dan terdapat kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan keterampilan membaca dan menulis yaitu pembelajaran tidak optimal, terbatasnya waktu, dan terbatasnya buku bacaan di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...