Jurnal Basicedu
Vol 6, No 5 (2022): October Pages 7664-9236

Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Bahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun

Nita Puspitasari (Universitas Negeri Surabaya)
Umi Anugerah Izzati (Universitas Negeri Surabaya)
Eko Darminto (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan penerapan media flash card untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalah anak kelompok A Sekolah Laboratorium PAUD Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember dengan kelas A1 dan A2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas A3 dan A4 sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesisis dilakukan melalui metode statistik dengan rumus uji t sampel bebas dan taraf signifikansi lima persen (p. 0.05). Hasil analisis data menujukkan bahwa: 1) media flash card  efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 4-5 tahun; 2) media flash card  efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia 4-5 tahun. Implikasi dari penelitian ini adalah bagi guru. Para guru di pendidikan usia dini disarankan menggunakan media flash card untuk meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar kognitif dan bahasa peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...