Jurnal Abdi Masyarakat Humanis
Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Abdi Masyarakat Humanis

Etika Komunikasi dalam Menangani Keluhan Pasien di Rumah Sakit Permata Pamulang

Sugiyarto Sugiyarto (Unknown)
Nani Nuraeni Sarah (Universitas Pamulang)
Ratna Suminar (Universitas Pamulang)
Siti Zubaidah (Universitas Pamulang)
Desilia Purnama Dewi (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2020

Abstract

       Kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan yang mencangkup upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia antara lain dalam hal perluasan wawasan, pengetahuan maupun oeningkatan keterampilan yang dilakukan oleh Civitas Akademika sebagai perwujudan dharma bakti serta wujud kepedulian untuk berperan aktif meningkatkan kesejahteraan dan keterampilan anggota masyarakat. Rumah Sakit Permata Pamulang adalah salah satu rumah sakit swasta yang bergerak dalam dalam bidang jasa kesehatan di wilayah Kota Tangerang Selatan.Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat ini antara lain adalah untuk mengetahui etika komunikasi dalam menangani keluhan pasien di Rumah Sakit Permata Pamulang, dan untuk mengetahui cara menerima keluhan pasien di Rumah Sakit Permata Pamulang.       Berdasarkan hasil pelaporan kegiatan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: etika komunikasi dalam menangani keluhan pasien pada rumah sakit permata pamulang yaitu: menyampaikan permohonan maaf kepada pasien, menjelaskan penyebab utama terjadinya keluhan pasien, menawarkan solusi terhadap keluhan pasien, mengkonfirmasi ulang kesediaan pasien menerima solusi yang ditawarkan, menawarkan alternatif solusi penanganan keluhan pasien, menyampaikan ucapan terima kasih terhadap kesediaan pasien menerima alternatif solusi, dan memberikan informasi mengenai standar layanan prima rumah sakit secara lengkap. Lalu cara menerima keluhan pasien di rumah sakit permata pamulang antara lain adalah mendengarkan keluhan pasien sepenuhnya, tanpa memotong, mengkonfirmasi ulang keluhan pasien, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pasien, dan menyampaikanKata Kunci   : Etika; Komunikasi; Pasien 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAMH

Publisher

Subject

Humanities

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Humanis is a scientific multidisciplinary journal is a six-monthly journal concerned with the practice and processes of community engagement. It provides a forum for academics, practitioners and community representatives to explore issues and reflect on practices relating to ...