Kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan yang mencangkup upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia antara lain dalam hal perluasan wawasan, pengetahuan maupun oeningkatan keterampilan yang dilakukan oleh Civitas Akademika sebagai perwujudan dharma bakti serta wujud kepedulian untuk berperan aktif meningkatkan kesejahteraan dan keterampilan anggota masyarakat. Rumah Sakit Permata Pamulang adalah salah satu rumah sakit swasta yang bergerak dalam dalam bidang jasa kesehatan di wilayah Kota Tangerang Selatan.Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat ini antara lain adalah untuk mengetahui etika komunikasi dalam menangani keluhan pasien di Rumah Sakit Permata Pamulang, dan untuk mengetahui cara menerima keluhan pasien di Rumah Sakit Permata Pamulang. Berdasarkan hasil pelaporan kegiatan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: etika komunikasi dalam menangani keluhan pasien pada rumah sakit permata pamulang yaitu: menyampaikan permohonan maaf kepada pasien, menjelaskan penyebab utama terjadinya keluhan pasien, menawarkan solusi terhadap keluhan pasien, mengkonfirmasi ulang kesediaan pasien menerima solusi yang ditawarkan, menawarkan alternatif solusi penanganan keluhan pasien, menyampaikan ucapan terima kasih terhadap kesediaan pasien menerima alternatif solusi, dan memberikan informasi mengenai standar layanan prima rumah sakit secara lengkap. Lalu cara menerima keluhan pasien di rumah sakit permata pamulang antara lain adalah mendengarkan keluhan pasien sepenuhnya, tanpa memotong, mengkonfirmasi ulang keluhan pasien, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pasien, dan menyampaikanKata Kunci : Etika; Komunikasi; Pasien
Copyrights © 2020