Agri Wiralodra
Vol. 14 No. 2 (2022): Analisis usaha, pengembangan usaha dan kelayakan usaha

Analisis Laba dan Kelayakan Usaha Pada Home Industry Tape Ketan (Kasus di Desa Bakung Lor Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon)

Nur Kaidah (Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Swadaya Gunung Jati)
Yoyo Sunaryo (Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Swadaya Gunung Jati)
Dina Dwirayani Dwirayani (Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : (1) besarnya biaya dan laba usaha home industry tape ketan di Desa Bakung Lor, (2) Break Even Point (BEP) usaha home industry tape ketan di Desa Bakung Lor, (3) Revenue Cost Ratio (R/C Ratio) usaha home industry tape ketan di Desa Bakung Lor. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh karena populasi home industry tape ketan di Desa Bakung Lor Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon berjumlah 25 pengusaha dan semuanya dijadikan sampel penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) biaya produksi sebesar Rp.10.267.318, total penerimaan sebesar Rp. 13.926.000, pendapatan (laba) sebesar Rp.3.658.682. (2) jumlah produksi sebanyak 14.226 bungkus tape ketan lebih besar dari BEP volume produksi yaitu 10.350 bungkus tape ketan, berarti usaha tape ketan tersebut memberikan keuntungan dan layak diusahakan. Harga jual produksi sebesar Rp.992/bungkus lebih besar dari BEP harga produksi sebesar Rp.722/bungkus, berarti usaha tape ketan tersebut dinyatakan layak. (3) nilai analisis R/C Ratio yaitu sebesar 1,36 yang menunjukkan lebih dari 1 bahwa usaha tape ketan dinyatakan layak diusahakan dan dikembangkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agriwiralodra

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agriwiralodra adalah publikasi ilmiah pada semua aspek ekonomi pertanian dan komoditas agribisnis yang meliputi: pengembangan pertanian, pengelolaan pertanian, kebijakan pertanian, penyuluhan pertanian, pemasaran hasil pertanian, sistem agribisnis, perdagangan internasional, komunikasi ...