Bandar Udara Sultan Hasanuddin Kota Makassar merupakan bandar udara enclave sipil yang berada di Kota Makassar yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura I (Persero) dan merupakan bandar udara tersibuk di pulau Sulawesi, sehingga menarik untuk diteliti bagaimana persepsi kepuasan penumpang terhadap pelayanan bandar udara khususnya pelayanan terminal domestic di masa Pandemi Covid-19. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Menganalisis Karakteristik pengguna jasa Bandar Udara Sultan Hasanuddin Kota Makassar; (2) Mengidentifikasi Atribut pelayanan yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan oleh penyelenggara Bandar Udara Sultan Hasanuddin Kota Makassar; dan (3) Mengidentifikasi Apakah ada perbedaan persepsi kepuasan pelayanan ditinjau dari aspek gender, usia, pendidikan, pendapatan dan pekerjaan pengguna jasa di terminal domestik Bandar Udara Sultan Hasanuddin Kota Makassar. Hasil penelitian uji one way anova menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi kepuasan pelayanan terminal Bandar Udara Sultan Hasanuddin Kota Makassar ditinjau dari aspek Pekerjaan, Gender, usia dan pendidikan, sebaliknya adanya perbedaan persepsi kepuasan pelayanan terminal Bandar Udara Sultan Hasanuddin Kota Makassar bila ditinjau dari aspek pendapatan pengguna jasa/ penumpang dengan nilai signifikansi sebesar 0.002. Nilai ini lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 diterima.
Copyrights © 2022