EPSILON: Journal of Electrical Engineering and Information Technology
Vol 20 No 2 (2022): EPSILON: Journal of Electrical Engineering and Information Technology

Optimasi Kapasitas Pembangkit Listrik Hybrid Solar Cell dan Wind Turbin Skala Mikro Menggunakan HOMER (Studi Kasus: Pauah Kamba Kabupaten Padang Pariaman)

Sepannur Bandri (Institut Teknologi Padang)
Rafika Andari (Unknown)
Hazi Raitu Kuqzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa total penghematan tagihan biaya listrik dari PLN yang terbilang mahal. Penelitian ini dilakukan di desa Pauah Kamba kabupaten padang pariaman. Dalam perencanaan ini digunakan software HOMER untuk mendesain sistem pembangkit listrik tenaga hybrid yang berasal dari surya dan angin. Hasil penelitian menghasilkan sistem PLTH yang optimal dengan kontribusi Panel Surya yang menghasilkan energi sebesar 4.296 kWh pertahun (66,9%) dan Turbin angin berkontribusi menghasilkan energi sebesar 1.311 kWh pertahun (20,4%). Nilai Net Present Cost (NPC) terendah sebesar Rp 50.700.680. Nilai Cost of Energy (COE) terendah sebesar Rp. 379,20 per kWh. Pendapatan per tahun sebesar Rp. 8.678.488 serta Payback Period selama 32 tahun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

epsilon

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

Focus of EPSILON are electrical engineering and information technology. Scope of EPSILON are Power Engineering, Telecommunication & Information engineering, and Control & Instrument Engineering. Scope of this journal for Power Engineering are Renewable/green energy, Solar energy, micro-hydro energy, ...