Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP)
Vol 6, No 2 (2020)

Efektivitas Training Fungsi Eksekutif Terkomputerisasi dalam Meningkatkan Kapasitas Fungsi Eksekutif dan Performa Akademik Matematika

Isman Rahmani Yusron (Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada)
Sri Kusrohmaniah (Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2020

Abstract

Performa bermatematika anak-anak Indonesia, dilaporkan jauh di bawah dari harapan. Terdapat indikasi bahwa fungsi eksekutif berperan dalam performa dan prestasi matematika. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas penggunaan training terkomputerisasi yang mengadopsi paradigma pengukuran fungsi eksekutif, untuk mendongkrak performa bermatematika. Paradigma tugas seperti n-back task, flanker task, go no/go task, numerical-estimation task, dan stroop task, dirangkai menjadi suatu latihan melalui aplikasi OpenSesameĀ®.Ā  Kelompok eksperimen (n=32), diberikan 45 menit training selama tujuh hari, dan diberikan tes matematika pada pre dan posttest. Kemudian, dibandingkan dengan kelompok kontrol (n=34) yang juga diberikan pretest dan posttest tanpa diberi perlakuan apapun. Hasil pengujian menunjukkan perbedaan rerata yang signifikan (t=-5,04; p<0,05) pada kelompok eksperimen antara hasil pretest dan posttest. Sedangkan pada kelompok kontrol, tidak ada perbedaan signifikan (t=-1,21; p>0,05). Hasil uji ANAVA terhadap skor kapasitas fungsi eksekutif setiap sesi menunjukkan perbedaan signifikan (F=13,47; p<0,05), dengan plot rerata skor meningkat. Hasil ini menunjukkan bahwa training fungsi eksekutif terkomputerisasi efektif dalam meningkatkan kapasitas fungsi eksekutif dan performa akademik matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

gamajpp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Health Professions Public Health Social Sciences Other

Description

Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) e-ISSN 2407-7801 is an open-access journal disseminating articles with implications for research and practices professional psychology. GamaJPP welcomes manuscript in the areas of:: Clinical Psychology Education Psychology Developmental ...