Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, dan Manajemen TRI BISNIS
Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, dan Manajemen TRI BISNIS

PERAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Tumpal Janji Raja Sitinjak (Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie)
Vernanzo Andrew (Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepuasan pelanggan dalam memediasi pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Objek penelitian ini adalah Pizza Hut Mall of Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Pizza Hut, dimana teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan menggunakan judgemental sampling, dengan ukuran sampel 150. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik komunikasi dimana disebarkan kuesioner melalui media Google Form kepada 150 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan SPSS 20, uji validitas, uji reliabilitas, dan structural equation modeling menggunakan Lisrel 8.80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk terbukti tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas layanan terbukti berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas Produk terbukti berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas layanan terbukti tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan terbukti hanya dapat memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

TRIBISNIS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This Open Journal System is designed to publish research articles on accounting and management field. This Journal publishes twice a year in January and ...