Pandemi COVID-19 mendorong para praktisi dan peneliti secara global untuk berinovasi dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan buku saku digital berbasis android untuk mata pelajaran bahasa Indonesia kelas lima sekolah dasar. Aspek yang dilaporkan dalam artikel ini adalah hasil validitas buku saku digital yang dinilai berdasarkan aspek media dan materi. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket dengan menggunakan instrumen lembar validasi berdasarkan skala likert. Empat validator dilibatkan, terdiri atas tiga orang dosen ahli dan satu orang praktisi pendidikan dengan latar belakang yang relevan dengan bidang yang diteliti. Data hasil validasi ahli dianalisis menggunakan teori dan persamaan Gregory dan dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu validitas tinggi, validitas sedang, dan validitas rendah. Analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien validitas isi pada aspek media adalah 0,9 dan 0,8 pada aspek materi. Nilai koefisien tersebut berada pada kategori validitas tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku saku digital yang dikembangkan berbantuan aplikasi android dinyatakan valid dan layak digunakan.
Copyrights © 2022