Jurnal Ilmu Pertanian Kelingi
Vol. 1 No. 2 (2021)

APLIKASI KOMPOS JERAMI PADI DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BEBERAPA VARIETAS TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays sacharata Sturt)

Etty Safriyani (Universitas Musi Rawas)
Hermanto Hermanto (universitas musi rawas)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Kompos jerami padi merupakan salah satu pupuk organik yang dapat memperbaiki sifat fisik, kimis dan biologo tanah sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis. Penelitian bertujuan untuk untuk mengevaluasi peran kompos jerami padi dalam meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman tomat. Penelitian telah dilaksanakan di di Desa Wonosari Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Penelitian berlangsung dari Maret sampai Mai 2021. Penelitian menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktorial. Yang terdiri  dua faktor perlakuan dan tiga kali ulangan.  Perlakuan yang dicobakan sebagai berikut : Varietas Jagung Manis (V) yang terdiri dari:V1 = Bonanza, V2 = Secada, V3 = Paragon. Kompos Jerami Padi (J) terdiri dari: J1 = 10 ton/ha setara dengan 1,8 kg per/petak, J2 = 15 ton/ha setara dengan 2,7 kg per/ petak, J3 = 20 ton/ha setara dengan 3,6 kg per/ petak. Analisis data menggunakan analisa sidik ragam yang dilanjutkan dengan uji BNJ.  Aplikasi varietas  paragon (V3), kompos jerami 20 ton/ha (J3), dan interaksi varietas  parago dan kompos jerami 20 ton/ha (V3J3) mengasilkan pertumbuhan dan produksi jagung manis terbaik dibanding kan dengan perlakuan lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Social Sciences Veterinary

Description

Agronomy, Horticulture, Plant Breeding, Soil Sciences, Plant protection, Plant Ecology, Plant Biotechnology, Crop Sciences, Agricultural Statistics, Bioinformatics, Agribusiness, Agroindustry, Forestry and Environmental Sciences, Animal Husbandry, and Marine ...