Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 5, No 9 (2022): Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Gizi Sebagai Tindakan Pencegahan Stunting di Desa Sei Suka Deras

Fatimah Fatimah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Adel Syah Pohan (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Izuddin Hibatullah (Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Aldi Aldi Suhendra (Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nilam Utami Aqillah (Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2022

Abstract

Tujuan penulisan ini yaitu mengedukasi masyarakat melalui program KKN UINSU di desa Sei Suka Deras, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara tentang pentingnya gizi seimbang dengan sosialiasi dan posyandu sebagai tindakan pencegahan terjadinya stunting sejak dini. Penelitian ini merupakan Community-Based Research (CBR) dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan partisipasi masyarakat sebagai inti pelaksanaan dari penelitian. Sampel yang digunakan penelitian ini yaitu para ibu yang memiliki anak balita dimana penetapan sampel dilakukan secara tidak random. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan langsung, dokumentasi, wawancara terhadap tokoh masyarakat, catatan lapangan, serta internet surfing yang dilakukan untuk memperoleh data-data terkini supaya data yang diperoleh bersifat faktual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat mengenai masalah stunting meningkat setelah berpartisipasi dalam sosialisasi mengenai stunting. Selain itu juga, rutin dalam melakukan posyandu bagi balita untuk menurunkan prevelensi stunting dibawah 14%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...