Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis daring pada kelas XI di SMA Negeri 4 Enrekang dan. mendeskripsikan hasil penilaian pembelajaran bahasa Indonesia berbasis daring pada kelas XI di SMA Negeri 4 Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu pada evaluasi pembelajaran berupa memberikan penugasan kepada peserta didik, tetapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring tersebut belum terlaksana secara maksimal karena terdapat beberapa problem atau masalah dalam pembelajaran yaitu, kurangnya motivasi belajar, perbedaan pemahaman peserta didik, keterbatasan kuota dan jaringan internet, kurangnya minat belajar, dan keterbatasan dalam mengontrol pembelajaran dan proses penilaian pembelajaran masih kurang efektif seperti motivasi belajar peserta didik,tingkat pemahaman peserta didik dan jaringan internet dan kuota masih menjadi persoalan.
Copyrights © 2023