RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 7, No 2 (2022): Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling - Juli-Desember 2022

GAMBARAN STRESS KERJA GURU SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD IT MADANI ISLAMIC SCHOOL PAYAKUMBUH

Nelfi Yanti (UIN Mahmud Yunus Batusangkar)
Fuadil Munawwar Syam (UIN Mahmud Yunus Batusangkar)
Wahidah Fitriani (UIN Mahmud Yunus Batusangkar)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Wabah covid membawa dampak luar biasa pada semua aspek kehidupan, dampak yang tidak  bisa dihindari termasuk pada dunia pendidikan. Guru adalah komponen utama yang terdampak dan mengalami stress akibat perubahan pola pembelajaran dari tatap muka lansung menjadi pembelajaran secara virtual. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat tingkat stres guru SDIT Madani Islamic School Payakumbuhdalam melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini memiliki 150 orang populasi guru di SD IT School Madani Payakumbuh dengan 90 orang sampel penelitian yang diambil secara acak. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitaif Deskriptif. Instrumen yang digunakan ialah skala stres kerja. Berdasarkan tiga skala stress kerja  tingkatan stress yaitu tinggi, sedang dan rendah, diperoleh hasil stres kerja yang dialami oleh guru SDIT Madani Islamic School Payakumbuhberada pada taraf stres sedang dengan 56 guru atau 62,2%, taraf stress rendah dengan  26 guru atau 28,9 %, dan 8 guru atau 8,9 % yang memiliki stres kerja yang tinggi.Jadi dapat disimpulkan guru-guru berada di skala stress sedang selama pandemi covid 19 dengan pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...