RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 7, No 2 (2022): Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling - Juli-Desember 2022

HUBUNGAN KECEMASAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SAAT PANDEMI COVID-19

Ade Elsa Meiliya (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Mudhar Mudhar (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Dimas Ardika Miftah Farid (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan belajar dengan prestasi belajar saat pandemi covid-19. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII & VIII dengan jumlah 98 siswa. Penelitian ini menggunakann metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala pengukuran dengan menggunakan kuesioner skala kecemasan dan dokumentasi pengambilan rapor siswa. Menggunakan metode analisis data statistik dengan rumusan yang digunakan adalah Perason Product Moment. Berdasarkan hasil korelasi menggunakan aplikasi spss versi 26 dengan nilai r = 0.200 dan nilai p = -0.131 untuk kecemasan belajar. Untuk prestasi  belajar menunjukkan nilai r = 0.200 dan nilai p = -0.131. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa p > 0.05 sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara Kecemasan belajar dengan prestasi belajar siswa saat pandemi covid-19 siswa kelas VII & VIII SMPN 48 Surabaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...