Natural Science Education Research (NSER)
Vol 1, No 2 (2019): Natural Science Education Research

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUSAN LOUCKS HORSLEY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Nurhayati Nurhayati (Universitas Trunojoyo Madura)
Fatimatul Munawaroh (Universitas Trunojoyo Madura)
Ana Yuniasti Retno Wulandari (Universitas Trunojoyo Madura)
Mochammad Ahied (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2019

Abstract

Model pembelajaran Susan Loucks Horsley merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan 5 domain taksonomi IPA oleh McCormack dan Yager, yaitu domain pengetahuan, keterampilan proses, kreativitas, menghubungkan, dan mengaplikasikan. Lima domain tersebut dapat diterapkan ke dalam beberapa sintaks model pembelajaran Susan Loucks Horleyuntuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa.Misalkan pada domain mengaplikasian dan menghubungkan, hal tersebut dapat melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya ketika sedang mencari informasi melalui kegiatan ilmiah. Penelitian menggunakan metode pre eksperimen dengan desain One-Group Pretest Posttest Desain dan dilaksanakan di SMPN 1 Pamekasan dengan populasi semua siswa kelas VIII pada pokok bahasan bunyi, getaran gelombang, sistem pendengaran manusia, dan sistem sonar. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak satu kelas. Pengumpulan data yaitu menggunakan tes untuk kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran Susan Loucks horsley terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan signifikansi sebesar 0,000, sedangkan –thitung ≤ ttabel ≤ thitungyaitu -39,0482,04539,048 (2) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Susan Loucks Horsley, yaitu 0,75 berdasarkan uji N-Gain Score dengan kategori tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...