Natural Science Education Research (NSER)
Vol 4, No 3 (2022): Natural Science Education Research

Analisis Miskonsepsi Siswa pada Konsep Tekanan Zat di SMP Negeri 2 Bangkalan

Muhabbatun Nisa' (Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)
Fatimatul Munawaroh (Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)
Mochammad Yasir (Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)
Ana Yuniasti Retno Wulandari (Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase miskonsepsi dan penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan dengan desain penelitian Explanatory Sequential Design dan dilaksanakan di UPTD SMPN 2 Bangkalan kelas VIII Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel penelitian yaitu kelas VIII G menggunakan teknik Purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berupa Four Tier Diagnostik Test dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 27% siswa mengalami miskonsepsi pada materi tekanan zat. Persentase miskonsepsi siswa pada sub-konsep tekanan zat padat sebesar 30%, tekanan hidrostatis 28%, hukum Archimedes 18%, hukum pascal 16%, tekanan zat gas 38% dan tekanan zat pada makhluk hidup sebesar 25%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...