Natural Science Education Research (NSER)
Vol 4, No 3 (2022): Natural Science Education Research

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Materi Pemanasan Global Dengan Sola Berbasis Pendekatan Socioscientific Issues (SSI)

Sa'adah Sa'adah (Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)
Ana Yuniasti Retno Wulandari (Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)
Aida Fikriyah (Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)
Laila Khamsatul Muharrami (Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kemampuan berpikir kritis dan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global dengan soal berbasis pendekatan socioscientific issues (SSI). Jenis penelitian yang digunakan adalah mix method design dengan desain penelitian explanatory mix method design. Tes diberikan melalui google form, dikarenakan pada saat pengambilan data terdapat pandemi virus Covid-19. Populasi penelitian adalah siswa-siswi kelas VII SMPN 06 Gresik, sedangkan sampel penelitian diambil sebanyak 20 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sedangkan sampel yang digunakan saat melakukan wawancara sebanyak 5 orang dengan memakai rumus standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berdasarkan standar deviasi persentase kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi 5%, kategori sedang 85%, dan kategori sangat rendah 10%. 2) Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata tergolong sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...