Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 7th University Research Colloquium 2018: Bidang Sosial Ekonomi dan Psikologi

Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pengiriman Barang Oleh Kantor Pos Cabang Tanjungpinang

Surya Kusumah (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
S Satriadi (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Tubel Agusven (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Raja Hardiansyah (STIE Pembangunan Tanjungpinang)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2018

Abstract

Pelayanan publik merupakan tanggungjawab pemerintah yang harusdilaksanakan oleh pemerintah baik di pusat, daerah maupun di ruanglingkup BUMN. Dalam hal ini, salah satu pelayanan public yang kitarasakan adalah kantor pos. Kantor pos adalah salah satu BadanUsaha Milik Negara yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dimanabertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Pada saat ini, Kantor Posmengalami penurunan dalam eksitensinya karena kalah bersaingdengan hadirnya perusahaan swasta yang serupa. Hal ini dikarenakankualitas pelayanan yang diberikan tidak dapat menyaingi pesaing yangada. Kualitas pelayanan merupakan unsur yang penting dalammemenuhi keputusan masyarakat. Untuk mengukur kepuasanmasyarakat tersebut, maka dilakukanlah penelitian denganmenggunakan indeks kepuasan masyarakat sebagai dasarnya. Dalamkesempatan ini, kami melakukan penelitian dengan menggunakanmetode angket/kuisioner dan berpedoman pada PERMENPAN-RB(Peraturan Menteri Pendayagunaaan Aparatur Negara dan ReformasiBirokrasi) No.14 Tahun 2017 dimana terdapat 9 unsur yang harusditeliti. Dari penelitian yang dilakukan tentang “Indeks KepuasanMasyarakat Terhadap Pelayanan Pengiriman Barang oleh Kantor PosCabang Tanjungpinang” kami mendapatkan hasil bahwa pelayananyang diberikan oleh Kantor Pos dibidang engiriman barang masihkurang baik.

Copyrights © 2018