Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 7th University Research Colloquium 2018: Bidang Pendidikan, Humaniora dan Agama

Penulisan Media Dan Sumber Pembelajaran dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris SMP

Rini Fatmawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2018

Abstract

Tulisan ini membahas media dan sumber pembelajaran yang harusdituliskan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahasaInggris SMP. Permasalahan yang dimiliki oleh para guru bahasaInggris Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sukoharjo adalahbahwa mereka masih memiliki keterbatasan kemampuan dalammenuliskan media dan sumber pembelajaran dalam RencanaPelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahasa Inggris SMP. Tujuannyaadalah meningkatkan kemampuan mereka dalam menuliskan mediadan sumber pembelajaran dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) bahasa Inggris SMP. Metodenya adalah bahwa mereka diberipengetahuan tentang penulisan media dan sumber pembelajarandalam RPP bahasa Inggris SMP, diberi pelatihan dalam menuliskanmedia dan sumber pembelajaran dalam RPP bahasa Inggris SMP, dandiberi umpan balik terhadap media dan sumber pembelajaran yangtelah mereka tuliskan dalam RPP bahasa Inggris SMP. Dalammenuliskannya,mereka belum dapat menyesuaikan media pembelajarantersebut dengan tujuan pembelajarannya, yaitu: beberapa mediapembelajaran yang tidak sesuai dengan tujuan pembelajarandituliskan dalam RPP tersebut, dan beberapa media pembelajaranyang harus sesuai dengan tujuan pembelajaran tidak dituliskan dalamRPP tersebut.Selain itu,sumber pembelajaran yang mereka tuliskanbelum lengkap.Kaidah penulisan media dan sumber pembelajaranmereka juga masih belum benar.

Copyrights © 2018