Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus

Upaya Meningkatan Hasil Belajar siswa menggunakan Lembar Kerja Siswa bermuatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics

Reni lapalose (SD N Cimeong)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini, Pembelajaran dilaksanakan masih pasif, LKS yang digunakan masih konvensional sehingga hasil belajar siswa yang rendah. Memilih media LKS STEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa, penelitian dilaksanakan di SDN cimeong pada materi IPA di kelas V. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum diberi tindakan rata – rata tes awal kelas adalah 32,67 dengan tingkat ketuntasan klasikal 0%. Setelah diberikan tindakan I menggunakan pembelajaran metode resource – based learning pengajuan masalah rata – rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah I meningkat menjadi 58,32 dengan tingkat ketuntasan klasikal 44,12%. Ini berarti terjadi peningkatan 20% dari tes awal yang dilaksanakan. Penerapan pembelajaran LKS STEM metode resource – based learning meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi mahluk hidup  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun ...