cover
Contact Name
Abdur Rasyid
Contact Email
ochid87@gmail.com
Phone
+6285224669735
Journal Mail Official
jipipapanda@gmail.com
Editorial Address
Jalan cigasong-Cirebon Majalengka, Jawa Barat 45476
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Published by Papanda Publisher
ISSN : -     EISSN : 2830781X     DOI : https://doi.org/10.56916/jipi
Core Subject : Education,
Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun mahasiswa calon guru. Kajian dalam jurnal ini mencakup multidisiplin keilmuan yang berkaitan dengan pendidikan, dengan tujuan memajukan pendidikan di Indonesia.
Articles 25 Documents
Meningkatkan Pemahaman Siswa dengan Menerapkan Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Pembelajaran Pelajaran Fisika Hermin Rukmini; Mutaqin Mafaza
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 1 (2022): June
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.776 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i1.114

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya pemahaman siswa XII IPA 5 SMA Negeri 25 Bandung tahun pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran fisika. Penulis mencoba melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 25 Bandung dalam memahami mata pelajaran fisika pada materi Konsep dinamika rotasi benda tegar dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 25 Bandung dengan subyek siswa XII IPA 5. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus tindakan, dengan tahap setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata hasil tes siswa pada mata pelajaran Fisika meningkat dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Konsep dinamika rotasi benda tegar.
Analisis Tingkat Ketepatan Konsep dan Tingkat Akomodasi Scientific Approach Buku Teks IPA Biologi Kelas XI SMA Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Rita Triasfifah; Lita Lestari
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 1 (2022): June
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.151 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i1.115

Abstract

Penelitian ini, bertujuan mengkaji tingkat ketepatan konsep dan tingkat setiap aspek scientific approach meliputi observing, questioning, associating, experimenting dan networking. Tiga buku yang digunakan, untuk mengetahui kualitas buku yang relatif baik berdasarkan ketepatan kosep dan setiap aspek scientific approach. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dimana hasil penelitian dituangkan dalam bentuk narasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui observasi secara mendalam terhadap ketiga buku teks. Analisis ini meliputi analisis terhadap ketepatan konsep dan analisis terhadap setiap aspek scientific approach. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat ketepatan konsep pada buku Erlangga relatif baik dengan presentase paling tinggi yaitu 87.2% konsep memadai. Tingkat akomodasi aspek observing buku Platinum memiliki presentase relatif tinggi yaitu 22%. Tingkat akomodasi aspek questioning buku Grafindo memiliki presentase relatif lebih besar yaitu 21.3%. Tingkat akomodasi aspek associating relatif lebih tinggi pada buku Erlangga yaitu 8.5%. Tingkat akomodasi aspek experimenting antara buku Erlangga dan Platinum memiliki presentase sama yaitu 4.9%. Tingkat akomodasi aspek networking pada buku Platinum relatif lebih besar yaitu 16.3%.
Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Lilis Indriani
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 1 (2022): June
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.409 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i1.116

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Guru menyampaikan tujuan, pokok-pokok pembelajaran, melaksanakan diskusi kelompok, latihan soal, memberikan motivasi belajar dan kesimpulan pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas XI IPA 4 SMAN 25 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan model Problem Based Learning (PBL) dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil tes pada siklus 1 dan siklus 2 dengan teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendiskripsikan sesuai dengan fenomena. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA 4 SMA N 25 Bandung dalam pembelajaran Bahasa Inggris mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan hasil observasi dan hasil tes prestasi belajar bahasa inggris. Dengan hasil tersebut maka disimpulkan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa inggris di SMAN 25 Bandung.
Meningkatkan Hasil belajar Siswa dengan Model Problem Based Instruction di Sekolah Dasar Edi Sunjaya
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 1 (2022): June
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.039 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i1.117

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah Model Problem Based Istruction. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa IV SDN 2 Jemaras, Cirebon yang berjumlah 23 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menentukan persentase ketuntasan belajar dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dan rata-rata hasil belajar IPA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Istruction. dapat meningkatkan hasil belajar siswa IV SDN 2 Jemaras, Cirebon pada mata pelajaran IPA.
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Sekolah Terhadap Kinerja Guru Carudin Carudin; Khomisan Agus
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 1 (2022): June
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.227 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i1.118

Abstract

Peningkatan kinerja mengajar guru dapat dilakukan melalui peningkatan kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja sekolah. Penelitian ini bertujuan: (a) untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja sekolah, dan kinerja guru, (b) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru. Hasil penelitian yang diperoleh kepemimpinan kepala SMK Negeri se-Kabupaten Indramayu yang meliputi dimensi kepribadian, kemampuan pengambilan keputusan, kemampuan berkomunikasi, memberi motivasi dan pendelegasian wewenang memberikan pengaruh cukup terhadap kinerja. Iklim kerja sekolah mempunyai hubungan yang cukup berpengaruh terhadap kinerja guru. Kinerja mengajar guru berada pada kategori cukup baik. Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru tetapi kurang cukup memotivasi kinerja guru. Pengaruh iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru kurang cukup baik dan dapat memotivasi kinerja guru. Kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja guru.
Workshop Kreativitas Mengajar Sebagai Upaya Mengembangkan Keterampilan Guru SMA Negeri 3 Sukadana dalam Membuat Media Audio Visual Pada Masa Pandemi Covid 19 Almustahar Almustahar
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.079 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i2.154

Abstract

Pembelajaran daring menuntut guru untuk mampu menghasilkan media pembelajaran yang menarik guna menumbuhkan minat dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Akan tetapi,  guru di SMA Negeri 3 Sukadana belum terampil dalam membuat media pembelajaran, terutama media audio visual. Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan keterampilan guru membuat media pembelajaran melalui workshop kreativitas mengajar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dan subjek penelitian adalah guru-guru SMA Negeri 3 Sukadana. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru mengalami peningkatan dalam membuat media audio visual pada siklus II, yaitu 30,8 % guru SMA Negeri 3 Sukadana sudah pada kategori “Sangat Tinggi”.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Al Ikhlas
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.67 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i2.165

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari Prasiklus, Siklus I, Silus II dan Siklus III.  Tiap siklus  terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes setiap akhir siklus dan aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran dilaksanakan. Analisis data terhadap aktivitas siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS)  pada pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III sudah berhasil dengan baik. Analisis rata-rata ketuntasan belajar siswa pada prasiklus mencapai 50,87%, pada siklus I mencapai 60,6%, siklus II mencapai 63,6% dan siklus III mencapai 72,93%. Berdasarkan persentase pada siklus III dapat dikatakan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kerinci telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kerinci.
Pengaruh Penggunaan Media Foto Berita terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA : Nelfia Susmita
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (763.467 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i2.167

Abstract

Pembelajaran sastra di sekolah tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran bahasa Indonesia. Di SMA Negeri 8 Kerinci, kemampuan siswa dalam kegiatan  pembelajaran menulis cerpen masih kurang baik. Hasil menulis cerpen siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media foto berita siswa dalam pembelajaran menulis cerpen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kerinci yang berjumlah 103 siswa, sampel penelitian terdiri dari 25 siswa kelas kontrol dan 25 siswa kelas eksperimen yakni XI IPA2 dan XI IPA3. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kelas eksperimen 76,11 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu nilai rata-rata 70,50. Selanjutnya terdapat pengaruh penggunaan media foto berita terhadap menulis cerpen siswa.
Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi Melalui Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Daring Endah Darmawanti
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (842.225 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i2.170

Abstract

Sistem pendidikan saat ini mengalami transisi dengan adanya virus Covid-19 yang berdampak bagi semua masyarakat. Salah satu tindakan yang dilakukan pemerintah adalah melaksanakan Social Distancing dengan cara menghindari kerumunan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak antar manusia. Pembelajaran dilaksanakan secara daring/jarak jauh dengan bimbingan orang tua. Permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan keberhasilan pembelajaran yang akan tercapai apabila seorang guru mampu menguasai dan mengorganisir metode pembelajaran dengan baik. Sedangkan faktor penyebab kegagalan dalam pembelajaran yaitu ketika guru tidak dapat atau tidak mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif serta interaktif, yang membuat siswa nyaman serta suasana interaktif yang mampu membuat siswa bergairah untuk belajar, memiliki kreativitas dan juga tanggung jawab. Cara mengajar guru yang baik merupakan kunci dan prasarat bagi siswa untuk dapat belajar dengan baik. Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran, media pembelajaran yang digunakan serta hasil belajar yang dicapai pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks eksplanasi di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Jonggol. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah penulis melakukan pembelajaran menggunakan media canva dan aplikasi quizizz
Upaya Meningkatan Hasil Belajar siswa menggunakan Lembar Kerja Siswa bermuatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics Reni lapalose
Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus
Publisher : Papanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.511 KB) | DOI: 10.56916/jipi.v1i2.180

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini, Pembelajaran dilaksanakan masih pasif, LKS yang digunakan masih konvensional sehingga hasil belajar siswa yang rendah. Memilih media LKS STEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa, penelitian dilaksanakan di SDN cimeong pada materi IPA di kelas V. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum diberi tindakan rata – rata tes awal kelas adalah 32,67 dengan tingkat ketuntasan klasikal 0%. Setelah diberikan tindakan I menggunakan pembelajaran metode resource – based learning pengajuan masalah rata – rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah I meningkat menjadi 58,32 dengan tingkat ketuntasan klasikal 44,12%. Ini berarti terjadi peningkatan 20% dari tes awal yang dilaksanakan. Penerapan pembelajaran LKS STEM metode resource – based learning meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi mahluk hidup  

Page 1 of 3 | Total Record : 25