Latar belakang diadakannya Penelitian ini adalah rendahnya kompetensi guru sasaran di SDN banjaran dalam penyusunan RPP kurikulum 2013 yang berdampak kurang percaya diri dalam proses pembelajaran. Solusinya diadakan bimbingan dan pendampingan baik secara kelompok maupun individu dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 yang sistematis. Analisa data yang dilaksanakan menggunakan analisa diskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan tahapan siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) langkah meliputi : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Melalui kegiatan pendampingan yang dilakukan Kepala Sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Pendampingan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP (dari 46,66% pada siklus 1 menjadi 86,66% pada siklus 2). Hasil penelitian ini, 15 guru dari sekolah yang menjadi subyek penelitian, semuanya menunjukkan peningkatan kompetensi sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.
Copyrights © 2022