Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus

Bimbingan dan Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kurikulum 2013 dalam meningkatkan Kompetensi Guru

Heri Indrayono (SDN Banjaran)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Latar belakang diadakannya Penelitian ini adalah rendahnya kompetensi guru sasaran di SDN banjaran dalam penyusunan RPP kurikulum 2013 yang berdampak kurang percaya diri dalam proses pembelajaran. Solusinya diadakan bimbingan dan pendampingan baik secara kelompok maupun individu dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 yang sistematis. Analisa data yang dilaksanakan menggunakan analisa diskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan tahapan siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) langkah meliputi : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Melalui kegiatan pendampingan yang dilakukan Kepala Sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Pendampingan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP (dari 46,66% pada siklus 1 menjadi 86,66% pada siklus 2). Hasil penelitian ini, 15 guru dari sekolah yang menjadi subyek penelitian, semuanya menunjukkan peningkatan kompetensi sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun ...