Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan
Vol 3 No 1: Mei 2021

Analisis parameter fisika kimia kualitas perairan di Sungai Krueng Mane Aceh Utara

Irfannur Irfannur (Program Studi Akuakultur, Fakultas Pertanian Universitas Almuslim. Jln. Almuslim Matangglumpangdua, Bireuen-Aceh)
Khairan Khairan (Program Studi Akuakultur, Fakultas Pertanian Universitas Almuslim. Jln. Almuslim Matangglumpangdua, Bireuen-Aceh)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air sungai dengan tingkatan pencemaran limbah di sungai Kreung Manee Aceh Utara. Stasiun penelitian berjumlah 3 stasiun. Parameter yang di uji adalah pengukuran suhu, kekeruhan dan kecerahan menggunakan metode in situ, untuk mengukur kadar pH, oksigen terlarut, COD dan amoniak mengacu pada baku mutu air dari SNI.06-6989.14 (2009) serta indek pencemaran. Hasil penelitian yang dilakukan di perairan sungai Krueng Mane Aceh Utara memiliki nilai rata-rata pengukuran suhu antara 29oC – 30oC, oksigen terlarut antara 5,7mg/l - 6,5 mg/l, kecerahan antara 63 cm - 80 cm, nitrat antara 0,024 mg/l – 0.027 mg/l, phospat antara 0,06mg/l – 0,11mg/l, pH antara 8,23 – 8,68, Chemycal Oxygen Demand (COD) antara 48,528 mg/l - 87,437 mg/l, dapat disimpulkan bahwa parameter kualitas perairan di perairan sungai Krueng Mane Aceh Utara masih termasuk pada kategori pencemaran sedang. Kondisi kualitas perairan sungai Krueng Mane Aceh Utara masih bisa untuk kehidupan makhluk hidup.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipsbp

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Arwana: Jurnal Ilmiah Program Studi Perairan merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim Bireuen Aceh. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini merupakan hasil penelitian dosen dan mahasiswa Program studi Akuakultur. Jurnal Arwana yaitu ...