Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 8th University Research Colloquium 2018: Bidang Pendidikan, Humaniora dan Agama

Keberfungsian Preposisi di- dalam Wacana Narasi Siswa SDIT Jamsaren, Kecamatan Laweyan, Surakarta

Agus Budi Wahyudi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Putri Haryanti (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Safitri Zuliana Aryanti (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan wujud frasa preposisi di- dalam wacana narasi karangan siswa SDIT Jamsaren, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta (2) Mendeskripsikan keberfungsian frasa preposisi di- dalam wacana narasi SDIT Jamsaren, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Data penelitian ini berupa kalimat yang terdapat frasa preposisi di- dalam wacana narasi SDIT Jamsaren, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Adapun sumber data dalam penelitian ini berupa wacana narasi karangan siswa yang terhimpun dalam majalah Obah edisi No. 16 s.d 24 tahun 2016-2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memanfaatkan teknik simak dengan teknik lanjutan dengan teknik catat. Teknik catat dilaksanakan pencatatan data dari sumber data. Selanjutnya, setelah data terkumpul, dilakukan klasifikasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca markah (metode agih). Selanjutnya metode padan referensial digunakan untuk menganalisis keberfungsian frasa preposisi di- secara gramatikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberfungsian frasa preposisi di- dalam wacana narasi siswa SDIT Jamsaren, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta merepresentasikan fungsi fakta dan fungsi fiksional. Adapun posisi dari frasa preposisi di- terletak di awal, tengah, dan akhir. Wacana narasi siswa SDIT Jamsaren, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta memberikan gambaran nyata bahwa siswa SD memiliki kemampuan pemfungsian preposisi dalam kalimat.

Copyrights © 2018