Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 10th University Research Colloquium 2019: Bidang Sosial Ekonomi dan Psikologi

Analisis Kesalahan Gaya Bahasa pada Iklan Produk Minuman di Televisi

Rizky Aziska Putrianasari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Delvia Anggita Pradana (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Desy Anggraini (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sri Waljinah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini berfungsi Untuk mengetahui gaya bahasa yang ambigupada produk ikaln minuman di televisi dan untuk mengetahui maknayang terkandung dalam iklan produk minuman di televisi. penelitimenggunakan teori gaya bahasa dari Gorys Keraf dan Tarigan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif.Jenis data yang di pakai dalam penyusunan penelitian ini adalahsumber data bertulis dan foto dokumentasi. Penelitian ini dilakukandengan cara mencari, mengumpukan, mengolah dan menganalisidata hasil penelitian tersebut. Subjek penelitian ini adalah sloganiklan produk minuman yang ditayangkan ditelevisi. Tekikpengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuanpenelitin dilapangan berupa slogan iklan yang mengguankan gayabahsa ambugu dan makna yang terkandung dalam iklan tersebut.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat menyimpulkanbahwa diketahui dari tujuh slogan mengandung gaya bahasa yangambigu. Hasil analisi tersebut terdiri dari enam gaya bahasahiperbola dan satu gaya bahasa personifikasi. Satu sloganmengandung unsur internal dan eksternal wacana. Hal ini dilakukanuntuk menimbulkan efek penguatan makna produk atau memberi efeklebih dalam mempengaruhi alam bawah sadar produk iklanminuman. Gaya bahasa hiperbola dan personifikasi yang memilikikemampuan persuasi untuk mempengaruhi konsumen, agar maumembeli produk yang dipromosikan

Copyrights © 2019