Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 13th University Research Colloquium 2021: Mahasiswa (Student Paper)

Pengaruh Teknik Behavioral Contract Dan Homework Assigment Terhadap Peningkatan Pemahaman Tanggung Jawab Siswa Terhadap Tugas

Siti Aisyah (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Purwati Purwati (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Paramita Nuraini (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
27 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teknikbehavioral contract dan homework assigment terhadap peningkatan pemahaman tanggung jawab siswa terhadap tugas. Penelitian inimenggunakan randomized pretest-postest comparison group design.sampel diambil dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa terdiri dari 5siswa sebagai kelompok eksperimen dengan teknik behavioralcontract, dan 5 siswa sebagai kelompok eksperimen denganhomework assigment. Pengambilan sampel menggunakan teknikrandom sampling. Metode pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan angket tanggung jawab. Metode analisis data yangdigunakan yaitu analisis parametrik One Way Anova. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa konseling kelompok teknik behavioral contractdan homework assigment terhadap peningkatan pemahaman tanggungjawab siswa terhadap tugas. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statisticparametric one way anova dengan probabilitas nilai sig ( 2-tailed)0,000 <0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapatperbedaan skor rata rata angket tanggung jawab antara kelompokeksperimen dengan teknik behavioral contract sebesar 43,75% dankelompok eksperimen dengan teknik homework assigment sebesar33,62%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa konselingkelompok teknik behavioral contract lebih efektif meningkatkantanggung jawab dibandingkan dengan teknik homework assigment.

Copyrights © 2021