Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah gaya mengajar cakupan mampu memberikan pengaruh terhadap keterampilan sepak sila dalam permainan sepak takraw di SMP Negeri 6 Tondano. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah penerapan gaya mengajar cakupan dapat memberi pengaruh signifikan terhadap keterampilan sepak sila dalam permainan sepak takraw pada siswa SMP Negeri 6 Tondano tahun ajaran 2013 /2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen. Sampel yang digunakan berjumlah 20 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol yang masing-masing kelompok tediri dari 10 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: Tes Kontrol Bola (Ball Control), instrument ini memiliki realibilitas sebesar  0,78 dan validitas 0,99. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pra-tes dan pasca-tes dengan kelompok-kelompok yang diacak. Data yang diperoleh diuji dengan statistik uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa: th (5,9 tt (1,73). Jadi penelitian ini menunjukan bahwa gaya mengajar cakupan meningkatkan keterampilan sepak sila siswa putra SMP Negeri 6 Tondano. Simpulan dalam penelitian ini adalah: Penerapan gaya mengajar cakupan memberikan pengaruh yang signifikan  terhadap keterampilan sepak sila dalam permainan sepak takraw pada siswa SMP Negeri 6 Tondano tahun ajaran 2013 / 2014. Kata kunci: gaya mengajar cakupan, keterampilan sepak sila
Copyrights © 2014