NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 7 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

SPORTING NATION SEBAGAI NATION BRANDING AUSTRALIA PADA TAHUN 2015-2018

Jinny Izha Amirudin (Prodi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur,)
Prihandono Wibowo (Prodi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur,)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2022

Abstract

Diplomasi olahraga merupakan suatu bentuk diplomasi di bawah payung diplomasi publik. Australia menggunakan diplomasi olahraga sebagai strategi nation branding negaranya sebagai bangsa olahraga. Tujuan dari nation branding Australia melalui diplomasi olahraga adalah untuk mempromosikan keahlian olahraga Australia, yang juga merupakan budaya bagi negara tersebut, sehingga dapat mendorong aspek lainnya seperti perekonomian, investasi, pariwisata dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitantif dengan menggunakan konsep nation branding dan teori diplomasi olahraga. Melalui penelitian ini, penulis menemukan empat strategi yang digunakan Australia untuk mempromosikan negaranya sebagai sporting nation melalui diplomasi olahraga, yaitu: (1) menghubungkan masyarakat dan institusi; (2) meningkatkan olahraga untuk pembangunan SDM; (3) showcasing Australia; dan (4) mendukung inovasi dan integrasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...