Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengatahui identitas virtual pada karakter film Ready Player One (2018) karya Ernest Cline. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini juga menjabarkan bagaimana latar belakang dan referensi budaya populer di Ready Player One (2018). Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana realitas nyata dan realitas semu yang digambarkan dalam film. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, upaya manusia memiliki keleluasaan dalam berimajinasi dan merealisasikannya. Film, sebagai salah satu medium komunikasi massa, merupakan wadah kebebasan berimajinasi. Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg menggambarkan kehidupan masyarakat moderen pada tahun 2045, dengan perkembangan teknologi yang luar biasa. Suatu piranti yang mengubah manusia menjadi sangat tergantung dengan teknologi. Teknologi informasi dan komunikasi yang menciptakan dunia baru yaitu dunia digital, dengan identitas baru yang bahkan berbeda dengan identitas di dunia nyata memberi tembok besar bagi dunia nyata tentang bagaimana para penduduk manusia tidak saling mengenal didunia nyata namun di dunia virtual. OASIS, dunia tempat pelarian manusia modern dan menciptakan identitas baru yaitu identitas virtual. Tentang bagaimana nilai pertermanan, perjuangan serta alasan-alasan pahit karakter melarikan diri dari kenyataan yang sedih dan gelap.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengambaran simulakra pada kisah hidup yang terjadi di film ini dengan penggambaran dari identifikasi terhadap representasi realitas, identitas, komunitas, dan ruang yang ditampilkan. Kata Kunci : Film; Realitas Digital; Identitas; Simulakra.
Copyrights © 2022