cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Attazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Arjuna Subject : -
Articles 166 Documents
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA MIN AIR JOMAN DAN MISMPI BINJAI SERBANGAN KABUPATEN ASAHAN Agus Kurniawan
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.428 KB)

Abstract

Abstrak: The results of this study is to Know: 1) Is there any effect of work motivation on professionalcompetence of teachers in Air Joman MIN and MIS MPI Binjai district Serbangan Asahan.2). Whetherthere is influence of teachers to the welfare of professional competence of teachers in Air Joman MINand MIS MPI Binjai district Serbangan Asahan.3). Whether there is significant influence between motivationand welfare of teachers to the professional competence of teachers in Air Joman MIN and MISMPI Binjai Serbangan Asahan district.Based on research and data processing found that: There is asignificant influence work motivation of teachers to the professional competence of teachers in AirJoman MIN and MIS MPI Binjai Serbangan Asahan district is 83.2%. There is a significant influence onthe Teachers’ Welfare professional competence of teachers in Air Joman MIN and MIS MPI BinjaiSerbangan Asahan district is 75.3%. There is a significant effect simultaneously between motivationand welfare of teachers to the professional competence of teachers in the MIN and MIS Air JomanAsahan district is 79.3%.Adapun hasil penelitian ini adalah untuk Mengetahui: 1) Apakah terdapat pengaruh Motivasi kerjaterhadap kompetensi profesional guru pada MIN Air Joman dan MIS MPI Binjai Serbangan kabupatenAsahan.2). Apakah terdapat pengaruh kesejahteraan guru terhadap kompetensi profesional gurupada MIN Air Joman dan MIS MPI Binjai Serbangan kabupaten Asahan.3). Apakah terdapat pengaruhyang signifikan antara motivasi kerja dan kesejahteraan guru terhadap kompetensi profesional gurupada MIN Air Joman dan MIS MPI Binjai Serbangan kabupaten Asahan.Berdasarkan penelitian danpengolahan data diperoleh bahwa : Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi kerja guru terhadapkompetensi profesional guru pada MIN Air Joman dan MIS MPI Binjai Serbangan kabupaten Asahanyaitu 83,2%. Terdapat pengaruh yang signifikan Kesejahteraan Guru terhadap kompetensi profesionalguru pada MIN Air Joman dan MIS MPI Binjai Serbangan kabupaten Asahan yaitu 75,3%. Terdapatpengaruh yang signifikan secara bersamaan antara motivasi kerja dan kesejahteraan guru terhadapkompetensi profesional guru pada MIN dan MIS Air Joman kabupaten Asahan yaitu 79,3%.Kata kunci : Motivasi kerja, Kesejahteraan guru dan Kompetensi Profesional guru
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP ISLAM TERPADU SITI HAJAR MEDAN Robin Sirait
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.269 KB)

Abstract

Abstrak: This research used qualitative approach in terms of naturalistic. It was conductedtSMP IT Siti Hajar Medan. The source of this research was data and documents. The data wascollected through observation, interview and document analysis. The data used data reductiontechnique, data presentation and conclusion in the school environment and in the classrooms.Subjects of this research were headmaster, teachers, students, parents and students.The object of research was the implementation of character building which stated as the superiorschool programme, rules, condition of school, extra-curricular and intra-curricular activities.The instrument of research was interview guidance, observation sheets and field notes.The data was analysed withh qualitative descriptive method.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi pendidikan karakter di SMP IslamTerpadu Siti Hajar Medan (2) mengetahui peran kepala sekolah, guru dan orang tuadalam pendidikan karakter siswa (3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi programimplementasi pendidikan karakter (4) hasil dari implementasi pendidikan karakter.Penelitianini menggunakan
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG PROFESIONALISME DAN IKLIM KOMUNIKASI DENGAN DISIPLIN KERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MADRASAH IBTIDAIYAH SEKECAMATAN MEDAN BELAWAN Nourma Manurung, Candra Wijaya, Edi Saputra
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.059 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi tentang profesionalisme daniklim komunikasi dengan disiplin kerja guru dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Medan Belawan. Penelitian ini menggunakan statistik korelasional dengan responden sebanyak78 guru di Madrasah Ibtidaiyah Se- Kecamatan Medan Belawan. Pengumpulan data persepsi tentangprofesionalisme, iklim komunikasi dan disiplin kerja guru dalam proses pembelajaran diperoleh melaluikuesioner. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa makin tinggi persepsi tentang profesionalisme daniklim komunikasi maka makin baik disiplin kerja guru dalam proses pembelajaran di Madrasah IbtidaiyahSe- Kecamatan Medan Belawan.
PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING DALAM PEMBINAAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 TANJUNG TIRAM KABUPATEN BATUBARA Yusnani Yusnani
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.413 KB)

Abstract

Abstrak: The purpose of this study is to know the program of guidance and counseling services, knowingthe form of guidance and counseling activities in the development of student self-reliance, knowing thebarriers of the implementation of counseling in the development of student self-reliance, and know theefforts undertaken in overcoming obstacles in the implementation of counseling coaching student self-SMP Negeri 1 Tanjung Tiram Batubara District.This research method is using qualitative research method in order to reveal in depth data and facts aboutthe implementation of counseling services in the development of student learning independence in SMPNegeri 1 Tanjung Tiram Batubara District. Data collection techniques using interviews, observation, anddocument review. Then the data is analyzed by data reduction step, data exposure, and conclusion. In thiscase the data is checked with techniques of credibility, dependability, komfirmabilitas, and transferability.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program layanan bimbingan dan konseling, mengetahuibentuk kegiatan bimbingan dan konseling dalam pembinaan kemandirian belajar siswa, mengetahuihambatan pelaksanaan konseling dalam pembinaan kemandirian belajar siswa, dan mengetahuiupaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan pelaksanaan konseling dalam pembinaan kemandirianbelajar siswa di SMP Negeri 1 Tanjung Tiram Kabupaten Batubara.Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dalam rangka mengungkapkansecara mendalam data dan fakta tentang pelaksanaan layanan konseling dalam pembinaan kemandirianbelajar siswa di SMP Negeri 1 Tanjung Tiram Kabupaten Batubara. Teknik pengumpulan data denganmenggunakan wawancara, observasi, dan kajian dokumen. Kemudian data dianalisis dengan langkahreduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Dalam hal ini data diperiksa denganteknik kredibilitas, dependabilitas, komfirmabilitas, dan transferabilitas.Kata Kunci: Layanan Konseling dan Pembinaan Kemandirian
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ALQURAN SURAT ‘ABASA Zulkarnen, Syamsu Nahar, Zulheddi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.786 KB)

Abstract

Abstrack: The purpose of this research is to find out how is the interpretation of ‘Abasa on education offaithful, worship, moral attitude and social. The education’s moral value and the relevant This researchused the qualitative method or based on the study library. The first final result is the interpretation of al-Misbah was started by explanation then spelled the obstacle words into the explanation. Ibnu Katsirbook was started the explanation by hadis. And ibnu katsir’s book no obstacle words. Al-Maraghi’sbook was started by the obstacle words interpreted. Al-Khazin’s book was started by the explanation ofasbab al-wurud and then seeing theasbab an-Nuzul. The noble Quran by ministerial religion affair wasstarted by words. Buya Hamka no finding the words, but was started by the explanation andmafatihual-Ghaib was told by Allah, is admonishes Muhammad saw was sullen face and avoided from Abdullahbin Ummi Maktum was blind. And the education’s moral value here are the education of social, theteacher must be in justice fair, ibadah education must be takwa to Allah swt, the akidah/faithful educationis believe full to Allah, and the moral value education provided the moral award similar to. Therelevant of this verse is creating the students must be taken a worship to Allah, syahadah to Allah, politeand polite to the parents, teachers and others.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penafsiran surat ‘Abasa dalam pendidikanakidah, ibadah, akhlak dan sosial. Nilai-nilai pendidikannya serta relevansinya. Penelitian ini menggunakanmetode kualitatif atau penelitian bersifat studi pustaka. Hasil penelitian pertama bahwa penafsiran bahwapenafsiran Tafsiral-Misbah dimulai dengan penjelasan kemudian menyebutkan kata-kata sulit untuk kedalam penjelasan. Tafsir Ibnu Katsir dimulai dengan penjelasan kemudian diberi hadis-hadis Tafsir IbnuKatsir ini tidak terdapat kosa kata sulit. Tafsiral-Maraghi dimulai dengan penafsiran kata-kata sulit. Tafsiral-Khazin dimulai dengan penjelasanasbab al-Wurudnya. Dan melihatasbab an-Nuzul nya. Tafsir Alquranoleh Kementerian Agama Republik Indonesia dimulai dengan kosa kata. Tafsir al-Azhar karya BuyaHAMKA tidak terdapat kosa kata, dimulai dengan penjelasan dan TafsirMafatihu al-Ghaib mengenaiayat ini Allah swt. menegur Nabi Muhammad saw. yang bermuka masam dan berpaling dari Abdullahbin Ummi Maktum yang buta. Nilai-nilai pendidikannya adalah pendidikan sosial guru harus adil, pendidikanibadah takwa kepada Allah swt. pendidikan akidah meyakini kebenaran Allah, dan pendidikan akhlakmemberi penghargaan sesama. Relevansinya adalah menjadikan anak didik takwa kepada Allah, bersyahadahkepada Allah, patuh dan sopan kepada orang tua, guru dan yang dituakan.Kata Kunci: Nilai Pendidikan, Alqur’an, ‘Abasa
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI SMP AR-RAHMAN PERCUT Farina Amalia, Syaukani, Salminawati
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.957 KB)

Abstract

between the classes using the Problem Based Instruction learning model with the class that does not usethe learning model Problem Based Instruction (2) Knowing the effectiveness of the use of Problem BasedInstruction learning model in the experimental class. The results showed that (1) there are differences inlearning outcomes in students taught by using Problem Based Instruction (PBI) learning model in thelesson of Junior High School students of Ar Rahman Percut. This is evidenced by the acquisition ofcalculations which concluded that the value of sig. 0.000 <0,05, then H0 is rejected and Ha accepted. (2)The results of questionnaire analysis of the effectiveness of the use of learning model Problem BasedInstruction students in the experimental class is also in the good category that is equal to 88.1. (3) there isa significant increase in learning motivation by applying the Problem Based Instruction (PBI) model in theexperimental class this is evidenced by the average of student learning outcomes in the experimental classafter being given treatment is increased to 87.32 while for the control class is only about 75.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar antara kelasyang menggunakan model pembelajaranProblem Based Instruction dengan kelas yang tidak menggunakanmodel pembelajaranProblem Based Instruction (2) Mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaranProblem Based Instruction di kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaanhasil belajar pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaranProblem Based Instruction(PBI) pada pelajaran SKI siswa SMP Ar-Rahman Percut. Hal ini dibuktikan dengan perolehanperhitungan yang menyimpulkan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2)Hasil analisis angket keefektifan penggunaan model pembelajaranProblem Based Instruction siswadikelas eksperimen juga berada pada kategori baik yaitu sebesar 88,1.(3) ada peningkatan motivasibelajar yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaranProblem Based Instruction(PBI) dikelas eksperimen hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen setelahdiberikan perlakuan adalah naik menjadi 87,32 sedangkan untuk kelas kontrol hanya sekitar 75.
IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN ASRAMA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRIWATI DI ASRAMA BAHASA ARAB HUBBUL WATHAN MEDAN Delima Astri Pertiwi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.541 KB)

Abstract

Abstrak: The purpose of this research is to determine the formulation of educational programsdormitory, to find out the programs education dormitory, and find out the program education evaluationdormitory to improving students spiritual intelligence Hubbul Arabic Wathan Medan. Thefindings of this research are three, namely: (1) Formulation of Dormitory Education Program inImproving Santriwati Spiritual Intelligence in Arabic Dormitory Hubbul Wathan Medan is to planpositive and useful activities for santriwati, in formulating a program, Conduct deliberation. One ofthem is with education programs such as learning Arabic, learning the Qur’an and tajwid, praying incongregation on time, dhikr, reading yasin, learning discipline and responsible with obligations,muhadharah, qasam and rihlah. (2) Implementation of Dormitory Education Program in ImprovingSantriwati Spiritual Intelligence in Arabic Dormitory Hubbul Wathan Medan by arranging all schedulesof santriwati, regularly. In addition, the implementation of all activities in the dormitory closelysupervised by the chairman of the board members and guided by the ustadzah. (3) Evaluation ofDormitory Education Program in Improving the Spiritual Intelligence of Santriwati in Arabic DormitoryHubbul Wathan Medan applied by dormitory can be known based on the absence of all santriwatiactivities every month, through the absence will be easy to know whether santriwati discipline isgetting better or earlier and evaluation of education program Dormitories can also be known fromthe final exam results santriwati every year.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perumusan program pendidikan asrama, mengetahui pelaksanaanprogram pendidikan asrama, dan mengetahui evaluasi program pendidikan asrama dalam meningkatkankecerdasan spiritual santriwati di asrama bahasa arab Hubbul Wathan Medan.Temuan penelitian iniada tiga, yaitu: (1) Perumusan Program Pendidikan Asrama dalam Meningkatkan Kecerdasan SpiritualSantriwati di Asrama Bahasa Arab Hubbul Wathan Medan adalah dengan merencanakan kegiatankegiatanyang bermanfaat dan bernilai positif bagi santriwati, dalam merumuskan sebuah program,pihak pengurus asrama sebelumnya melakukan musyawarah. Salah satunya ialah dengan programpendidikan seperti belajar berbahasa arab, belajar alquran serta tajwid, shalat berjamaah tepat waktu,berdzikir, membaca yasin, belajar disiplin dan bertanggung jawab dengan kewajiban, muhadharah,DELIMA ASTRI PERTIWI: IMPLEMENTASI PROGRAM ASRAMA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL3AT-TAZAKKI: Vol. 1 No. 1 Juli - Desember 2017102qasam dan rihlah. (2) Pelaksanaan Program Pendidikan Asrama dalam Meningkatkan KecerdasanSpiritual Santriwati di Asrama Bahasa Arab Hubbul Wathan Medan dengan cara mengatur semuajadwal para santriwati, dengan teratur. Selain itu pelaksanaan semua kegiatan di asrama diawasi denganketat oleh ketua dari anggota pengurus dan dipandu oleh para ustadzah. (3) Evaluasi Program PendidikanAsrama dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santriwati di Asrama Bahasa Arab Hubbul WathanMedan yang diterapkan asrama dapat diketahui berdasarkan absensi semua kegiatan santriwati setiapbulannya, melalui absensi akan mudah diketahui apakah disipilin santriwati semakin hari semakinbaik ataukah sebelumnya dan evaluasi program pendidikan asrama juga dapat diketahui dari hasilujian akhir santriwati setiap tahunnya.Kata Kunci: Program Pendidikan Asrama, Kecerdasan Spiritual
IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING PADA SISWA MTs SWASTA NURUL ISLAM KECAMATAN KUALA KABUPATEN LANGKAT Muhammad Yusuf
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.212 KB)

Abstract

Abstract: Implentation of Counseling Services at Private MTs Student Nurul Islam Kuala District Langkat.Thesis: Islamic Religious Studies Program Postgraduate of UIN North Sumatera. This study aims todescribe the counseling services that are implemented in the students of MTs Private Nurul Islam DistrictKuala Langkat District. This research uses qualitative method. Data collection was obtained by interviewtechnique, observation and documentation. The selection of resource persons is done by purposive samplingtechnique which is based on the consideration of its involvement in the implementation of counselingservice. Based on this matter, the resource persons in the research are: head of Madrasah, deputy headof madrasah, teacher of study, guardian and student. Validation of data is done by triangulation, use ofreference material.Kata Kunci: Implementasi, Layanan, Konseling
HUBUNGAN ANTARA KERJASAMA KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMITE SEKOLAH DAN KEPUASAN KERJA DENGAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH SMP SEKABUPATEN ACEH TAMIANG Aini Syafitri, Candra Wijaya, Edi Saputra
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.926 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) hubungan antara kerjasama komite sekolah denganmotivasi kerja kepala sekolah, (2) hubungan antara kepuasan kerja dengan motivasi kerja kepala sekolah,dan (3) hubungan antara kerjasama komite sekolah dan kepuasan kerja secara bersama-sama denganmotivasi kerja kepala sekolah. Populasi penelitian adalah seluruh kepala sekolah SMP Se KabupatenAceh Tamiang dengan jumlah 38 kepala sekolah. Sampel penelitian ini berjumlah 38 kepala sekolah.Instrumen penelitian adalah angket dengan model skala Likert. Uji persyaratan dilakukan untuk mengujinormalitas, linearitas, dan independensi antar variabel bebas. Teknik analisis data digunakan korelasidan regresi dan korelasi sederhana dan regresi dan korelasi ganda pada taraf signifikansi a = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kerjasama kepalasekolah dan komite sekolah dengan motivasi kerja kepala sekolah dengan angka korelasi 0,357 dan garisregresi v = 56,58 + 0,22X1. (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepuasan kerja denganmotivasi kerja kepala sekolah dengan angka korelasi 0,566 dan garis regresi v = 46,47 + 0,44X2. dan (3),terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara kerjasama kepala sekolah dankomite sekolah dan kepuasan kerja dengan motivasi kerja kepala sekolah, dengan angka korelasi 0,652dan garis regresi v = 37,27 + 0,20X1+ 0,42X2 .Kata Kunci: Kepemimpinan, Mitra dan Profesionalitas
HUBUNGAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 BINJAI Fahmi Amri Harahap
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.989 KB)

Abstract

Abstrak: The purpose of this research is to find out the correlation between learning source to learning result of Islamic education in SMP Negeri 3 Binjai. To know the relationship of learning motivation to the learning result of Islamic education in SMP Negeri 3 Binjai. And to know the relationship between learning resources and motivation to learn simultaneously with the learning result of Islamic education in SMP Negeri 3 Binjai.The research method used is quantitative method, that is research with level of variation more complex, so require statistical analysis. The analysis is conducted on the variables studied, and also the relationship between these variables. With data collection techniques using, document studies, questionnaires and observations. The population in this study is all students of SMP Negeri 3 Binjai In the 2016/2017 academic year that is Muslim, which amounts to 1297 people consisting of 39 classes. And the number of samples is 78 students taken 2 (two) students (one male and one female) in each class by drawing the list of names in absent.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sumber belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Binjai. Untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Binjai. Untuk mengetahui hubungan sumber belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Binjai.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, yaitu penelitian dengan tingkat variasi yang lebih kompleks, sehingga membutuhkan analisis statistik. Analisis tersebut dilakukan terhadap variabel yang diteliti, dan juga hubungan antar variabel tersebut. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan, studi dokumen, angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017 yang beragama Islam, yang berjumlah 1297 orang yang terdiri dari 39 kelas. Dan jumlah Sampel yaitu 78 orang siswa yang diambil 2 (dua) orang siswa (satu laki-laki dan satu perempuan) pada masing-masing kelas dengan cara mengundi daftar nama di absen.

Page 1 of 17 | Total Record : 166