Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 5, No 2 (2022): OKTOBER 2022

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS5 DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN KELAS VI

tri suryaningsih (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)
Uhti Jahrotunisa (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash CS5 pada mata pelajaran matematika materi lingkaran untuk kelas VI SD Negeri Cimara; (2) mengetahui hasil penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash CS5 dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Cimara pada kelas VI dengan jumlah 28 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Kuesioner ini berupa lembar validasi untuk ahli dan angket respon siswa untuk mengetahui penilaian terhadap media Serta angket minat belajar untuk siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash CS5 dikembangkan melalui 5 tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. (2) Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS5 sangat valid berdasarkan penilaian: a) Ahli materi memperoleh persentase 89% yang berarti sangat valid, b) Ahli media memperoleh persentase 84% yang berarti sangat valid, c) Praktisi pembelajaran memperoleh persentase 96% yang berarti sangat valid, d) Penilaian siswa terhadap media memperoleh persentase 90% yang berarti sangat valid. (3) Minat belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash CS5 dengan skor n-gain 0.78 atau 78% yang termasuk kedalam kategori tinggi.Kata Kunci: 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...