JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pemahaman dan Praktik Mengenai Pemilihan Bahan Makanan sebagai Upaya Mempertahankan Imunitas Tubuh terhadap Virus Corona (di Wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin)

Magdalena Magdalena (Jurusan Gizi Dan Dietetika Poltekkes Kemenkes Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Pola makan yang sehat untuk mencegah atau mengurangi resiko mengalami gangguan kesehatan yang fatal ketika terserang Covid-19 adalah hal yang lebih logis. Makanan yang mengandung gizi yang lengkap, meliputi makronutrien dan mikronutrien. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan masyarakat memahami dan mempraktikan pemilihan bahan makanan untuk mempertahankan imunitas tubuh terhadap virus corona. Jenis penelitian Evaluasi Analitik, penelitian ini dilakukan dengan online berdasarkan keadaan tertentu yang tidak memungkinkan untuk menemui responden secara langsung. Sampel 30 orang yang diambil dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian Karakteristik responden sebagian besar berumur > 35 tahun yaitu 90%, dan pendidikan responden sebagian besar adalah SMU yaitu 66,7%. Pemahaman responden mengenai pemilihan bahan makanan sebagai upaya mempertahankan imunitas tubuh adalah : Sayur : sebagian besar pemahaman responden adalah kategori cukup yaitu : 63,33%. Buah : sebagian besar pemahaman responden adalah kategori cukup yaitu : 63,33% Penilaian praktik responden. mengenai pemilihan bahan makanan sebagai upaya mempertahankan imunitas sebagian besar sesuai yaitu 96,67%. Disarankan pada penelitian ini perlu diberikan edukasi gizi kepada masyarakat mengenai pemahaman beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang mengandung zat antioksidan, sehingga berfungsi mempertahankan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...