JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Analisis Feminisme Radikal dalam Novel Isinga Roman Papua Karya Dorothea Rosa Herliany

Putri Andriani Batubara (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan)
Flora Simangunsong (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan)
Sarma Panggabean (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan)
ELza L. L. Saragih (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan)
Harlen Simanjuntak (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Feminisme radikal melihat bahwa dalam masyarakat terdapat sistem penindasan dimana orang tertentu mendominasi orang lain seperti penindasan antar seks (jenis kelamin), kelas (kasta) etnis (ras) dan agama. Berdasarkan objek yang akan diteliti, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang akan dipakai adalah teknik dokumentasik. Berdasarkan hasil penelitian terdapat terdapat 56 data menganai feminisme radikal dari segi penindasan antar seks (jenis kelamin), dari segi kasta (kelas), etnis (ras) dalam novel, sistem keagamaan dalam novel dan 8 data tentang citra perempuan yaitu, 1) citra perempuan secara fisik dan psikis dan 2) citra sosial perempuan dalam domestic dan public. Dalam novel Isinga Roman Papua karya Dorothea Rosa Herlyani jenis feminisme radikal yang banyak terjadi adalah jenis feminisme radikal dalam bentuk penindasan antar seks (jenis kelamin).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...