JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Analisis Alih Kode dan Campur Kode dalam Vlog Nebeng Boy: Kajian Sosiolinguistik

Rotua Tambunan (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan)
Elza Leyli Lisnora Saragih (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan)
Tigor Sitohang (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penggunaan alih kode dan campur kode, (2) Jenis alih kode dan campur kode, (3) Faktor penyebab alih kode dan campur kode dalam vlog nebeng Boy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data percakapan dalam vlog nebeng Boy. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat dan dilanjutkan dengan teknik analisis data yang dilakukan dengan tiga cara yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data, dan verifikasi data. Jenis keabsahan data (triangulasi) yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut jenis alih kode yang ditemukan paling dominan adalah alih kode keluar (ekstern) dan jenis campur kode yang paling dominan ditemukan adalah campur kode ke luar. Faktor penyebab alih kode adalah adanya kegiatan menjelaskan dan memberikan keterangan. Faktor penyebab campur kode meliputi keterbatasan kata, memperluas ungkapan, menunjukan kemampuan dan kebiasaan penutur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...