JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Penggunaan Metode Poster Comment pada Mata Pelajaran Sejarah Peserta Didik Kelas X IPS 1 di SMAN 1 Pasaman

Putri Ayu (Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas PGRI Sumatera Barat)
Meldawati Meldawati (Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas PGRI Sumatera Barat)
Jaenam Jaenam (Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai sejarah siswa dan kurang aktifnya siswa saat belajar sejarah, oleh karena itu guru menggunakan metode baru yaitu metode Poster Comment supaya peserta didik lebih aktif dan lebih bersemangat dalam belajar sejarah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana perencanaan penggunaan metode Poster Comment pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS 1 di SMAN 1 Pasaman, bagaimana penggunaan metode Poster Comment pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS 1 di SMAN 1 Pasaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan penggunaan metode Poster Comment pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS 1 di SMAN 1 Pasaman, Untuk mendeskripsikan penggunaan meotde Poster Comment pada mata pelajarn sejarah kelas X IPS 1 di SMAN 1 Pasaman. Metode digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif dengan informan penelitian yaitu peserta didik kelas X IPS 1, guru mata pelajaran sejarah di SMA N 1 Pasaman. Hasil yang didapatkan dari penggunaan metode Poster Comment adalah peserta didik lebih serius dan senang dalam belajar dengan metode Poster Comment ini dalam proses pembelajaran seperti siswa merasa lebih mudah memahami pelajaran sejarah, bisa membuat siswa lebih semangat dan lebih aktif dalam proses belajar, bisa lebih terpacu untuk menyampaikan hal-hal yang berhubungan dengan gambar yang ada, membuat siswa merasa tidak bosan dan juga bisa melihat secara visual atau nyata melalui poster tersebut bahwa sejarah itu ada. Proses penggunaan metode Poster Comment ini bahwasanya peserta didik dalam penggunaan metode Poster Comment pada saat proses pembelajaran, siswa merasa lebih mudah memahami pelajaran sejarah, bisa membuat siswa lebih semangat dan lebih aktif dalam proses belajar, bisa lebih terpacu untuk menyampaikan hal-hal yang berhubungan dengan gambar yang ada, membuat siswa merasa tidak bosan dan juga bisa melihat secara visual atau nyata melalui poster tersebut bahwa sejarah itu ada.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...