Penelitian yang dilakukan mempunyai tujuan menganalisa dan menguji pengaruh kecerdasan emosional siswa, motivasi belajar terhadap keterlibatan siswa di sekolah dimoderasi oleh lingkungan keluarga di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Seluruh siswa kelas XI di tahun pelajaran 2021/2022 sejumlah 357 siswa dimasukkan sebagai populasi. Sampel yang ditentukan sebanyak 187 siswa dengan menggunakan proporsional random sampling. Teknik analisis menggunakan uji fit model, uji koefisien determinasi (R2), uji asumsi klasik, uji hipotesis parsial (uji t) dan analisis regresi moderasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa, motivasi belajar berpengaruh signifikan dan positif terhadap keterlibatan siswa di sekolah, Lingkungan Keluarga memoderasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap keterlibatan siswa berpengaruh positif dan signifikan dan Lingkungan Keluarga memoderasi pengaruh motivasi belajar terhadap Keterlibatan Siswa di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang berpengaruh positif dan signifikan.
Copyrights © 2022