JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa, Motivasi Belajar terhadap Keterlibatan Siswa di Sekolah Dimoderasi oleh Lingkungan Keluarga di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang

Abdul Muis (Universitas Stikubank Semarang, Indonesia)
Agus Budi Santosa (Universitas Stikubank Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2022

Abstract

Penelitian yang dilakukan mempunyai tujuan menganalisa dan menguji pengaruh kecerdasan emosional siswa, motivasi belajar terhadap keterlibatan siswa di sekolah dimoderasi oleh lingkungan keluarga di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Seluruh siswa kelas XI di tahun pelajaran 2021/2022 sejumlah 357 siswa dimasukkan sebagai populasi. Sampel yang ditentukan sebanyak 187 siswa dengan menggunakan proporsional random sampling. Teknik analisis menggunakan uji fit model, uji koefisien determinasi (R2), uji asumsi klasik, uji hipotesis parsial (uji t) dan analisis regresi moderasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa, motivasi belajar berpengaruh signifikan dan positif terhadap keterlibatan siswa di sekolah, Lingkungan Keluarga memoderasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap keterlibatan siswa berpengaruh positif dan signifikan dan Lingkungan Keluarga memoderasi pengaruh motivasi belajar terhadap Keterlibatan Siswa di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang berpengaruh positif dan signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...