JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Efektivitas Pelaksanaan Program PKK (Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga) di Nagari Salareh Aia Kabupaten Agam Pada Masa Pandemi Covid 19

Risna Mardiah (Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Negeri Padang)
Hasbullah Malau (Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Pelaksanaan Program PKK (Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga) Di Nagari Salareh Aia Kabupaten Agam Pada Masa Pandemi Covid 19, dan faktor penghambat dalam Pelaksanaan Program PKK (Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga) Di Nagari Salareh Aia Kabupaten Agam Pada Masa Pandemi Covid 19. Penelitian ini dilaksanakan di Nagari Salareh Aia dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dengan metode deskriptif yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa Efektivitas Pelaksanaan Program PKK (Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga) Di Nagari Salareh Aia Kabupaten Agam Pada Masa Pandemi Covid 19 dengan indikator a) Ketepatan sasaran program sudah efektif b) Sosialisasi program belum efektif dilaksanakan karena masih adanya keterbatasan dari TP PKK dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat banyak, c) Pencapaian tujuan program belum efektif terlaksana, d) Pemantauan program belum efektif dilaksanakan. Faktor penghambat dalam pelaksanaan program PKK PKK (Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga) Di Nagari Salareh Aia Kabupaten Agam Pada Masa Pandemi Covid 19 ini terdiri dari hambatan internal berupa yaitu SDM (sumber daya manusia) pada tim PKK yang belum berkualitas, Sistem sosialisasi yang dilakukan oleh PKK cenderung terbatas dan hambatan eksternal yaitu kesadaran dan partisipasi masyarakat yang masih kurang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...