DODOTO
Vol 1 No 02 (2020): Volume 01 No 02, Desember 2020

HUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA SEMESTER I ANGKATAN 2020 PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN (FIP) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALUKU UTARA

Iwan Irawan (Universitas Muhammadiyah Maluku Utara)
Jusmin H Wahid (Universitas Muhammadiyah Maluku Utara)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara minat baca terhadap keterampilan berbicara mahasiswa semester I angkatan 2020 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, secara umum minat baca mempunyai hubungan dengan keterampilan berbicara mahasiswa semester I angkatan 2020 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Secara khusus metode membaca yang diterapkan pada tahap awal dan ahkir proses pembelajaran dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa mengembangkan kreaktivitasnya dalam memilih dan menentukan tema, topik, serta latar cerita yang sesuai dengan minat, pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya, serta dapat menyusun kerangka cerita. Selanjutnya, pada tahap saat berbicara atau menyampaikan prosesnya berlangsung dengan baik dan dinamis. Hal ini dapat terjadi pada saat siswa berbicara, memudahkan siswa mengembangkan ide cerita. Siswa berhasil melakukan kegiatan berbicara dengan memperhatikan unsur-unsur pembentuk cerita. Kemudian peningkatan kemampuan siswa berbicara dengan menggunakan metode membaca, yakni siswa dapat melakukan dapat menyampaikan setiap cerita yang telah disusun. Berdasarkan hasil penelitian membaca dengan ,disarankan kepada guru yang ingin menerapkan metode membaca pada pembelajaran berbicara agar memberikan bimbingan dan arahan yang maksimal kepada siswa. Penerapan metode membaca tidak mengekang kreaktivitas siswa dalam berkarya sehingga siswa dapat mengembangkan ide, pikiran, dan gagasannya sesuai dengan minat, pengetahuan, dan pengalaman yang dimilikinya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dodoto

Publisher

Subject

Education

Description

FOCUS dan SCOPE Jurnal DODOTO pada Bidang kajian ILMU PENDIDIKANJurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, dosen, guru, dan praktisi pendidikan. Seluruh artikel yang masuk akan dilakukan review minimal dua orang reviewer, dan ...