Jurnal Kewarganegaraan
Vol 6 No 1 (2022): 1 Januari - 30 Juni 2022 (In Press)

Perkembangan Materi Hak Dan Kewajiban Menggunakan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga

Sukmawati Sukmawati (Universitas Tadulako Palu)
Jamaluddin Jamaluddin (Universitas Tadulako Palu)
Agusmita Agusmita (Universitas Tadulako Palu)
Stevania Stevania (Universitas Tadulako Palu)
Putri Putri (Universitas Tadulako Palu)
Ariyadi Ariyadi (Universitas Tadulako Palu)
Bulan Bulan (Universitas Tadulako Palu)
Fitria Fitria (Universitas Tadulako Palu)



Article Info

Publish Date
17 May 2022

Abstract

Abstrak Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan Materi Hak dan kewajiabn menggunakan media pembelajaran permainan Ular Tangga pada kelas VII SMP untuk meningkatakan belajar, serta untuk mengetahui apa yang menjadi faktro pendukung, faktor hambatan dan solusi dalam memberikan materi mata pelajaran PPKn menggunakan permainan ular tangga,mengarahkan siswa menunjukan siakap dan perilaku yang menyimpang dari nilai – nilai tanggungjawab dan karakter kebangsaan, dan memberi informasi melalui permaian Ular tangga agar menumbuhkan motivasi dan keaktifan siswa dikelas. Dengan menggunakan Media pemeblajaran ini untuk mengantisipasi  kebosanan siswa dikelas dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Materi Hak dan Kwajiban dikelas VII SMP,mengenai metode pembelajaran apa saja yang digunakan. Penelitian ini dilakukan di SMP dengan menggunakan metode pendekatan Kualitatif.Kata Kunci: Media  permaianan ular tangga dan hasil belajar. AbstractThis study aims to determine the development of the material rights and obligations to use the learning media game Snakes and ladders in class VII SMP to improve learning, as well as to find out what are the supporting factors, obstacles and solutions in providing PPKn subject matter using the snake and ladder game, directing students to show attitudes and behaviors that deviate from the values of responsibility and national character, and providing information through the Snakes and Ladders game in order to foster student motivation and activity in class. By using this learning media to anticipate student boredom in class in the subjects of Pancasila and Citizenship Education in the Material of Rights and Responsibilities in class VII SMP, regarding what learning methods are used. This research was conducted in junior high school using a qualitative approach.Keywords: Snakes and ladders game media and learning outcoment

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pkn

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kewarganegaraan is published 2 times in 1 year in June and December. The scope of the article includes: 1. Pancasila Education 2. Citizenship Education 3. Social Sciences 4. Politic 5. ...