AbstrakPenggunaan media permainan oleh guru kepada siswa bisa digunakan sebagai bahan belajar alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media-media pembelajaran sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena dengan adanya media pembelajaran sangat membantu pendidik maupun peserta didik agar pembelajaran lebih efisien dan mudah dipahami. Penggunaan media pembelajaran seperti permainan monopoli Pancasila sudah banyak diterapkan dan diimplementasikan oleh guru-guru kepada siswa kelas VII untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran dengan konsep permainan akan sangat disukai oleh siswa karena aktivitas pembelajaran akan menyenangkan dan tidak membosankan. Banyak keunggulan dari permainan monopoli Pancasila jika digunakan dalam proses pembelajaran. Selain permainannya yang menyenangkan dan menghibur metode ini juga memungkinkan adanya partisipasi dari siswa karena dapat dilakukan secara berkelompok.Kata Kunci : Penerapan, Monopoli Pencasila, Hasil Belajar                AbstractThe use of game media by teachers to students can be used as alternative learning materials to improve student learning outcomes. The use of learning media is very important in improving student learning outcomes, because the existence of learning media is very helpful for educators and students so that learning is more efficient and easy to understand. The use of learning media such as the Pancasila monopoly game has been widely applied and implemented by teachers to class VII students to improve student learning outcomes. Learning media with the concept of games will be very liked by students because learning activities will be fun and not boring. There are many advantages of the Pancasila monopoly game when used in the learning process. In addition to the fun and entertaining games, this method also allows the participation of students because it can be done in groups.Keywords: Implementation, Pencasila Monopoly, Learning Outcomes
Copyrights © 2022