Jurnal Kewarganegaraan
Vol 6 No 3 (2022): October 2022

Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Borbor T.A 2022/2023

Sanggam Pardede (Universitas HKBP Nommensen)
Dearlina Sinaga (Universitas HKBP Nommensen)
Parman Pane (Universitas HKBP Nommensen)
Angeline Monica Sonia (Universitas HKBP Nommensen)
Samaria Bancin (Universitas HKBP Nommensen)
Diana Gultom (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2022

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Model Pembelajaran contextual teaching and learning, 2) untuk mengetahui Hasil belajar Ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Borbor T.A 2022/2023, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar Ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Borbor T.A 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Eksperimental desain Nonequivalent Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu berjumlah 64 peserta didik. dengan penjabaran 32 peserta didik kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan sebelumnya data tersebut di uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tergolong baik. Dari hasil uji t satu pihak untuk data posttest kelas ekperimen dan kelas kontrol untuk taraf signifikan 0,05 untuk dk = 62 diperoleh thitung = 10,83 dan ttabel = 1,669 sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian, disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap Hasil Belajar Ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Borbor pada materi pokok pertumbuhan dan pembangunan semester ganjil T.A 2022/2023 dapat diterima. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Peserta Didik, Ekonomi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pkn

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kewarganegaraan is published 2 times in 1 year in June and December. The scope of the article includes: 1. Pancasila Education 2. Citizenship Education 3. Social Sciences 4. Politic 5. ...