Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol 6, No 02 (2022): Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam

Konsep Bisnis Abdurrohman Bin ‘Auf Radiyallahu ‘Anh Ditinjau dari Fiqih Muamalah dan Sejarah

Haryono Haryono (STAI Al-Hidayah Bogor)
Rivai Yusuf (STAI Al-Hidayah Bogor)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tulisan ini menganalisis konsep bisnis Sahabat Nabi SAW yaitu Abdurrahman bin ‘Auf Radiyallahu ‘Anh. Terdapat lima prinsip di antaranya skill yang mumpuni dalam bisnis meliputi dua hal; fiqih muamalah dan skill bisnis, jual beli tunai, untung tidak harus besar, konsisten pada kualitas barang, dan sangat mengharapkan keberkahan Allah SWT. Hasil analisis membuktikan bahwa jika hal ini dipraktikkan secara konsisten oleh pelaku bisnis, maka bisnis yang dijalankan akan sukses. Penelitian kulalitatif ini menggunakan pendekatan sejarah dan fiqih muamalah baik klasik maupun kontemporer. Hasil kajian menunjukkan bahwa kelima prinsip tersebut merupakan prinsip-prinsip yang sangat fundamental dalam pemikiran ekonomi Islam. Keahlian melahirkan semangat dan kepercayaan diri yang tinggi, jual beli tunai berarti memfungsikan uang hanya sebagai alat tukar dan memutar barang dan jasa, dan memutus rantai riba, mengambil untung sedikit secara otomatis menurunkan harga jual, barang menjadi murah dan minat pembeli tinggi sehingga perputaran cepat dan sehat, konsisten pada kualitas barang membuat pembeli dan pelanggan menjadi loyal, dan meraih keberkahan merupakan tujuan utama bisnis dalam Islam.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ad

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam accepts original manuscripts in the field of Islamics Economics, including research reports, case reports, application of theory, critical studies and literature reviews. The spread of Islamic Economics include: 1. Islamic Finance and Capital Market 2. ...