Jurnal Teknologi Jurnal Ilmiah Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
Vol 16 No 1 (2022): Mei 2022

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KELAS XI TEKNIK LISTRIK SMK NEGERI 2 KUPANG PELAJARAN TEKNIK TENAGA LISTRIK DENGAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

Sosiawan Hadarawi (Program Studi Teknik Listrik SMK Negeri 2 Kupang)
I Made Parsa (Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa sebelum menerapkan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran teknik Tenaga Listrik di Kelas XI Teknik Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Kupang (2) respon belajar siswa pada mata pelajaran teknik Tenaga Listrikdi Kelas XI Teknik Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Kupang dengan menerapkan metode Student Facilitator and Explaining (3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik Tenaga Listriksetelah mengikuti pemebelajaran dengan menerapkan metode Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) partisipan dengan model desain Kemmis dan Taggrat. Subjek penelitian dilakukan pada Kelas XI Teknik Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2020/2021. Pada penelitian ini dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan mendapatkan perlakuan yang sama pada tiap siklus. Adapun aspek yang diamati dalam penelitian ini yaitu (a) disiplin; (b) jujur; (c) tanggung jawab; (d) teliti; (e) kerja sama. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Student Facilitator And Explaininng pada mata pelajaran Teknik Tenaga Listrikmateri besaran listrik di Kelas XI Teknik Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Kupang. Pada tes siklus I terdapat 12 orang siswa (48%) yang memperoleh skor 85 ke atas dengan nilai rata-rata 73. Kemudian mengalami peningkatan lagi setelah dilakukan tes siklus II terdapat 23 orang siswa (92%) yang memperoleh skor 85 ke atas dengan persentase nilai rata-rata 86,32. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran Student Facilitator And Explaininng dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI Teknik Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal_teknologi

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Control & Systems Engineering Engineering Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Teknologi diterbitkan dua kali setahun (Mei dan Nopember) oleh Fakultas Sains dan Teknik ( Sebelumnya bernama Fakultas Teknik) Undana. Jurnal ini menerbitkan Artikel Hasil Penelitian dan Kajian-Kajian Penelitian/Pustaka dalam bidang Teknik yang belum pernah diterbitkan media atau dalam jurnal ...