Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Pendampingan Kader Melalui Kampanye Protokol Kesehatan 5M Pada Ibu Ibu Rumah Tangga dan Kegiatan Focus Group Discussion (FGD)

Sitti Rusdianah Jafar (Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Mataram, Mataram, Indonesia
)

Mas’adah (Unknown)
Gusti Ayu Sri Pujawanis W (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Perkembangan virus Covid-19 masih perlu diwaspadai, berbagai jenis varians masih muncul salah satunya varians omicron. Omicron memiliki tingkat penularan yang jauh lebih cepat dibandingkan varian sebelumnya. Perkembangan kasus covid sekarang lebh banyak dengan varian omicron, disis lain penularan yang sangat cepat sehingga angka kesakitan masih cukup tinggi, khususnya pada cluster keluarga, sehingga peran keluarga khususnya ibu rumah tangga dibutuhkan untuk memutus rantai penularan dalam mencegah penularan virus covid-19. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan pendampingan kepada kader dalam emberikan kampanye protocol 5 M kepada ibu rumah tangga dan dilanjutkan dengan kegiatan FGD. Metode yang digunakan oleh kader dalam memberikan edukasi dengan menggunakan media lembar balik dan booklet, serta demonstrasi cara mencuci tangan dan cara menggunakan masker. Kegiatan dilaksanakan di wilayah kelurahan Dasan Cermen dengan Sasaran ibu rumah tangga sebanyak 25 orang hasil menunjukkan 89 % ibu rumah tangga dapat mempraktikkan kembali 6 langkah cara mencuci tangan dengan benar, 90 % dapat mempraktikkan cara menggunakan masker dengan benar, 87% yang tahu perlu isolasi mandiri disaat seseorang terpapar covid-19, 79% belum memamhami pentingnya menjaga jarak. Sekitar 50% bu rumah tangga yang tahu manfaat tentang vaksin. Hasil FGD bahwa masih ada kader yang canggung dalam memberikan edukasi karena belum menguasai materi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...