Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2020): JIPBSI

PENERAPAN METODE KARYA WISATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL OPINI KELAS XII SMAK THOMAS AQUINO

Albertus Yoram Diri (Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar)
I Nyoman Adi Susrawan (Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar)
IGA. Putu Tuti Indrawati (Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ertama, penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XII IPS-3 SMAK Thomas Aquino dalam menulis artikel opini dengan metode karya wisata, untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode karya wisata untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel opini, dan untuk mengetahui respon siswa kelas XII IPS-3 SMAK Thomas Aquino setelah penerapan metode karya wisata dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel opini. Penelitian ini berhasil meningkatkan kemampuan menulis artikel opini siswa kelas XII IPS-3 SMAK Thomas Aquino dan menumbuhkan respon positif terhadap penerapan metode karya wisata di kelas tersebut. Hal ini dapat dicermati dari perolehan nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan yang signifikan. Pada hasil tes awal nilai rata-rata siswa hanya mencapai 6,0. Nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan pada tes siklus I menjadi 6,8, meningkat menjadi 7,58 pada siklus II, dan meningkat pula peda siklus III menjadi 8,03. Selain itu, dari data koesioner peneliti memperoleh data respon siswa yang menunjukan 90,53% dari 19 siswa memberikan respon sangat baik terhadap penerapan metode karya wisata.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipbsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JIPBSI terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September. JIPBSI memuat artikel hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Tujuan diterbitkannya JIPBSI adalah sebagai medium mempublikasikan hasil peneitian yang memberikan dampak dan manfaat dalam ...